DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA PAUD DENGAN KOMITMEN GURU MELALUI IKLIM ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA GURU DI PAUD GUGUS STROBERY BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:NOPI ARIANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-06-30


 

ABSTRAK

 

 

 

 

 

 

 

Ariansyah, Nopi. 2021. Hubungan Kepemimpinan Instruksional Kepala PAUD, dengan Komitmen Guru melalui Iklim Organisasi dan Kepuasan Kerja Guru di  PAUD Gugus Strobery Banjarmasin Utara. Tesis Program Magister Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D. dan (2) Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D.

 

 

 

Kata Kunci:  Kepemimpinan Instruksional Kepala PAUD, Komitmen Guru , Iklim Organisasi, Kepuasan Kerja Guru.

 

 

 

Komitmen kerja guru bisa menghasilkan tanggung jawab serta membangkitkan perilaku kritis dan kreatif. Dapat melahirkan tanggung jawab yang dapat mengarahkan dan membimbing serta mempengaruhi situasi kerja yang profesional. Keberhasilan seorang guru dalam pekerjaannya banyak ditentukan oleh tingkat kompetensi profesionalisme dan komitmen bidang yang ditekuninya. Dari hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa para guru dihadapkan dengan berbagai peraturan dan prosedur kerja sesuai yang ditetapkan organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan kepemimpinan instruksional kepala PAUD, dengan komitmen guru melalui iklim organisasi dan kepuasan kerja guru.

 

 Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian sebanyak 141 orang guru dan diambil 105 responden sebagai sampel penelitian dengan teknik Probability Sampling (Simple Proportionate Random Sampling). Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang diuji validitasnya menggunakan teknik Koefisien korelasi product moment. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur.

 

Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara kepemimpinan instruksional, iklim organisasi, kepuasan kerja dan komitmen, (2) terdapat hubungan tak langsung yang signifikan antara kepemimpinan instruksional dengan komitmen guru melalui iklim organisasi dan kepuasan kerja guru.

 

Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada kepala PAUD dan dewan guru agar peran kepemimpinan instruksional dan iklim organisasi di PAUD dapat dipertahankan agar komitmen kerja guru-guru dan pegawai lainnya tetap terjaga.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI