DIGITAL LIBRARY



JUDUL:REAKSI INVESTOR PASAR MODAL INDONESIA SEBELUM DAN SESUDAH PERISTIWA PEMILIHAN UMUM SERENTAK 17 APRIL 2019 (EVENT STUDY PADA PERUSAHAAN YANG SAHAMNYA TERDAFTAR PADA INDEKS SAHAM LQ45 PERIODE FEBRUARI 2019 – JULI 2019)
PENGARANG:FARIS IMANI WIBOWO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-06-30


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis reaksi pasar modal terhadap peristiwa pemilihan umum serentak 17 April 2019. Populasi yang digunakan pada penelitian ini merupakan saham-saham yang secara konsisten terdaftar pada indeks saham LQ45 periode Februari 2019 – Juli 2019. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari website bursa efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan IBM SPSS Version 26 for Windows untuk mengolah data. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji paired sample t-test dan uji Wilcoxon signed rank test.

Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak terdapat adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata abnormal return sebelum dan sesudah peristiwa,terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata trading volume activity sebelum dan sesudah peristiwa, dan terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata frekuensi perdagangan sebelum dan sesudah peristiwa.

Kata Kunci : pemilihan umum serentak, abnormal return, trading volume activity, frekuensi perdagangan event study

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI