DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STATE BOREDOM PADA SISWA FULL DAY SCHOOL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU UKHUWAH BANJARMASIN
PENGARANG:DHIA HUMAIRA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-06-30


ABSTRAK

 

 

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STATE BOREDOM PADA SISWA FULL DAY SCHOOL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU UKHUWAH BANJARMASIN

 

 

Dhia Humaira Putri

 

 

Full day school merupakan salah satu gagasan dari Menteri Pendidikan Nasional, namun sistem full day school sendiri dapat membuat siswa merasa jenuh dan bosan. Adanya dukungan sosial dari lingkungan di sekitar akan terkait dengan perasaan bosan atau boredom yang dirasakan siswa. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi state boredom salah satunya dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui huungan antara dukungan sosial dengan state boredom pada siswa full day school di SMA Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin dengan sampel diambil berdasarkan pertimbangan purposive sampling dan teknik perhitungan rumus slovin. Untuk pertimbangan yang digunakan adalah sudah pernah merasakan sistem pembelajaran full day school  minimal selama 1 tahun. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur yaitu skala dukungan sosial dan skala state boredom. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi product moment dan didapatkan hubungan negatif antara dukungan sosial dengan state boredom dengan nilai r = -0,522 dengan taraf signifikansi 0,000 sehingga dapat diartikan semakin tinggi dukungan sosial maka semakin rendah state boredom.

 

Kata Kunci: dukungan sosial, state boredom, full day school

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI