DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | HUBUNGAN ANTARA STRATEGI KOPING DENGAN STATE BOREDOM PADA SISWA FULL DAY SCHOOL DI SMA ISLAM TERPADU UKHUWAH BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | FITRAH PARADINA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-06-30 |
Pendidikan merupakan usaha terencana yang dilaksanakan dengan formal untuk mengembangkan potensi diri agar memiliki keterampilan dimasyarakat ataupun negara. Salah satu sistem pendidikan di Indonesia adalah full day school yang sistem pembelajarannya dari pagi hingga sore hari sehingga dapat membuat siswa mengalami stres dan jenuh ketika belajar, dan dapat menurunkan konsentrasi siswa. Perasaan jenuh akan terkendali jika siswa memiliki strategi koping yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan antara strategi koping dengan state boredom pada siswa full day school di SMA Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin dengan jumlah sampel 131 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dimana pemilihan sampel menggunakan kriteria tertentu, yaitu siswa telah mengikuti sistem pembelajaran full day school minimal 1 tahun. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur yaitu skala strategi koping dan skala state boredom. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment pearson, dan berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan didapatkan hubungan strategi koping dengan state boredom yang bernilai negatif sebesar r = (-0,611) dengan taraf signifikansi 0,000 yang artinya, semakin tinggi strategi koping maka semakin rendah state boredom.
Kata kunci : Strategi koping, state boredom, full day school
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI