DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PROGRAM WIRAUSAHA BARU (WUB) DALAM MENCIPTAKAN WIRAUSAHAWAN MANDIRI DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:NOOR AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-06-30


 

Noor Azizah, 1710411120010. Skripsi. Efektivitas Program Wirausaha Baru (WUB) dalam Menciptakan Wirausahawan Mandiri oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Banjarmasin. Di Bawah bimbingan Muhammad Riduansyah Syafari.

Mewujudkan pembangunan daerah yang tepat sasaran dan terciptanya kesejahteraan masyarakat maka perlunya perbaikan terutama dibidang perekonomian khususnya pada usaha-usaha kecil dan menengah yang perlu diperhatikan oleh pemerintah. Dengan ini Pemerintah Kota Banjarmasin mencanangkan Program Wirausaha Baru (WUB) untuk membantu perekonomian masyarakat yang tertuang dalam Peraturan Walikota Banjarmasin No.27 Tahun 2016 tentang penciptaan Program Wirausaha Baru (WUB).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Efektivitas Program Wirausaha Baru (WUB) dalam Menciptakan Wirausahawan Mandiri oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Banjarmasin. 2) Faktor Penghambat Efektivitas Program Wirausaha Baru (WUB) Dalam Menciptakan Wirausahawan Mandiri Oleh Dinas Koperasi Dan UMKM Kota Banjarmasin.

Metode Penelitian menggunakan pendekatan kalitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Menggunakan informan penelitian. Teknik Pengumpulan data yaitu Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data meliputi Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas program Wirausaha Baru (WUB) dalam Menciptakan Wirausahawan Mandiri oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Banjarmasin kurang efektif berdasarkan indikator yang digunakan peneliti yaitu : keberhasilan program, keberhasilan sasaran, kepuasan terhadap program, tingkat input dan output serta pencapaian tujuan menyeluruh. Adapun faktor yang menjadi penghambat dalam Efektivitas Program Wirausaha Baru (WUB) dalam Menciptakan Wirausahawan Mandiri oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Banjarmasin yaitu : tidak terintegrasi antar dinas dan kurang ketatnya penyeleksian, jumlah bantuan yang terbatas, ketidakseriusan peserta dalam berwirausaha, minimnya jumlah pegawai, serta terhambatnya pelaksanaan karena wabah Covid-19.

 

 

Kata Kunci: Efektivitas, Program Wirausaha Baru (WUB)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI