DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN MANAJER PELAYANAN PASIEN (MPP) DI RAWAT INAP: LITERATURE REVIEW
PENGARANG:DINA ANGGRAINY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-01


Latar Belakang: Manajer pelayanan pasien adalah proses kerjasama dari advokasi, fasilitasi, perencanaan, dan penilaian untuk memilih dan memenuhi kebutuhan kesehatan seorang individu. Manajer pelayanan pasien berperan  dalam mengoptimalkan terlaksananya pelayanan yang berfokus pada pasien, asuhan pasien yang terintegrasi dalam mengoptimalkan proses reimbursement. Memfasilitasi pemenuhan kebutuhan asuhan pasien, termasuk keluarga dan pemberi asuhannya.

Tujuan: Mengetahui peran manajer pelayanan pasien di rawat inap.

Metode: Studi ini dilakukan dengan literature review. 10 literatur diidentifikasi dari empat data base yaitu: Google Scholar, PubMed, Science Direct, dan portal Garuda dalam rentang tahun 2010-2020. Desain penelitian artikel yang ditelaah ialah penelitian kuantitatif dengan metode cross sectional dan kualitatif.

Hasil: 10 artikel memenuhi kriteria inklusi. Semua artikel dianalisis menggunakan instrumen JBI Critical Appraisal Tools-Cheklist for Prevalence Studies, Critical Appraisal tools Checklist for Qualitative Research dan memenuhi kriteria.

Pembahasan: Peran manajer pelayanan pasien (MPP) di rawat inap yaitu: peran manajer pelayanan pasien di rawat inap yaitu, untuk meningkatkan hasil yang lebih baik, memfasilitasipemenuhan kebutuhan yang dibutuhkan pasien dan keluarga, terlaksananya pelayanan yang berfokus pada pasien (PCC), serta mengoptimalkan proses reimbursement, mengurangi biaya medis pada rawat inap jangka panjang.

Kata kunci: peran, manajer pelayanan pasien, layanan rawat inap, peran case manager


 

Background: Patient care management is a collaborative process of advocacy, facilitation, planning, assessment to select, meet the health needs of an individual. The patient care manager plays a role in optimizing the implementation of PCC, integrated patient care in optimizing the cost reimbursement process. Facilitate the fulfillment of patient care needs, including their families and caregivers.

Objective: To know the role of case manager in inpatient.

Methods: This study was conducted by means of a literature study. The 10 literatures identified from the four databases are: Google Scholar, PubMed, Science Direct, and Garuda portal in  2010-2020 period. The research design of article reviewed is quantitative research with cross sectional and qualitative methods.

Results: 10 articles met the inclusion criteria. All articles were analyzed using the JBI Critical Appraisal Tools-Checklist for Prevalence Studies instrument, Critical Appraisal Tools Checklist for Qualitative Research and met the criteria.

Discussion: The role of the case manager in the inpatient: the role of case manager in inpatient, namely, to improve better outcomes, facilitate the fulfillment of the needs by patients and families, the implementation of PCC, and optimize the reimbursement process, reduce medical costs on long-term hospitalization.

Keywords: role, patient care manager, inpatient, case manager role

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI