DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI DALAM MENGONTROL KADAR GULA DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELITUS: LITERATURE REVIEW
PENGARANG:Mila Novaria Tryharnita
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-01


 

ABSTRAK

 

Latar Belakang:Diabetes melitus merupakan penyakit metabolik dengankarakteristik terjadinya peningkatan kadar glukosa darah (hiperglikemi). Keluarga merupakan salah satu sumber dukungan pasien dalam pencegahan penyakit. Kepatuhan dan motivasi bagi pasien diabetes melitus dalam pengobatan bisa pengaruhi oleh dukungan dan perilaku keluarga yang baik. Tujuan: Mengetahui motivasi pasien dan dukungan keluarga dalam mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes mellitus.  Metode: Studi ini dilakukan dengan Literature review. Tiga literatur diidentifikasi dari database yaitu: Google Scholar dalam rentang tahun 2010-2020. Desain penelitian yang ditelaah adalah Cross Sectional dengan populasi yaitu pasien Diabetes Melitus.Hasil: Hasil review dari tiga artikel penelitian ini memiliki motivasi dan dukungan keluarga yang berbeda-beda. Ada Tiga artikel yang memenuhi kriteria inklusi pada penelitian ini. Motivasi pasien yang baik dan dukungan keluarga yang baik dapat membantu pasien dalam mengontrol kadar gula darahnya. Pembahasan: Terdapat beberapa kategori motivasi dan dukungan keluarga di dalam tiga artikel yang ditemukan yaitu: baik, cukup, dan kurang. Motivasi baik dikarenakan oleh harapan yang dimiliki pasien tinggi sehingga pasien rutin melakukan pengobatan dengan meminum obat secara rutin, melakukan pemeriksaan ke pelayanan kesehatan bersamaan dengan saran yang diberikan keluarga mapupun tenaga kesehatan. Dukungan keluarga yang baik dikarenakan pasien tinggal bersama dengan keluarga, keluarga selalu mengingatkan pasien untuk rutin minum obat dan memeriksakan gula darah setiap bulannya. Disarankan kepada profesional pemberi asuhan agar bisa digunakan sebagai acuan untuk penelitian dengan menggunakan  desain dan jenis penelitian berbeda yang berhubungan  dengan  dukungan  keluarga  dengan motivasi dalam mengontrol gula darah.

 

 

 

Kata Kunci: Dukungan Keluarga, Motivasi, Kontrol gula darah, Diabetes Melitus

 

 

 

ABSTRACT

 

 

 

Background: Diabetes mellitus is a group of metabolic diseases characterized by an increase in blood glucose levels (hyperglycemia). The magnitude of the prevalence of diabetes mellitus is due to an unfavorable lifestyle, especially an unhealthy diet. Adherence and motivation for diabetes mellitus patients in treatment can be influenced by support and good family behavior.Objective: To determine patient motivation and family support in controlling blood sugar levels in diabetes mellitus sufferers.Methods: This study was conducted with a literature review. Three literatures were identified from the database, namely: Google Scholar in the period 2010-2020. The research design studied was cross sectional with a population of diabetes mellitus patients.Results: The results of the review of the three articles of this study have different motivation and family support. There were three articles that met the inclusion criteria in this study. Good patient motivation and good family support can help patients control their blood sugar levels.Discussion:There are several categories of motivation and family support in the three articles found, namely: good, sufficient, and lacking. Good motivation is due to the high expectations of patients so that patients routinely take medication by taking drugs regularly, checking health services along with advice given by families and health workers. Good family support because the patient lives with his family, the family always reminds the patient to take medication regularly and check blood sugar every month. It is recommended to professional care providers that they can be used as a reference for research by using different research designs and types related to family support with motivation in controlling blood sugar.

 

 

 

Keywords: Family Support, Motivation, Blood Sugar Control, Diabetes

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI