DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH METODE MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN MEMBACA PERMULAAN ANAK AUTIS KELAS III DI SDN GADANG 2 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI HADIJAH ANGGRAINI
PENERBIT:FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TANGGAL:2018-02-19


Kata Kunci: Metode Make a Match, terhadap Peningkatan Membaca
Permulaan Anak Autis.


Membaca permulaan hal utama dalam proses pembelajaran. Kemampuan
membaca harus dimiliki semua anak termasuk anak autis. Penelitian ini dilakukan
terhadap anak autis yang sulit menerima pembelajaran membaca. Permasalahan
yang terdapat pada anak yaitu sulit dalam membaca dalam merangkaikan huruf
yang sudah menjadi suku kata dan kata, jika diminta untuk membaca kata anak
tidak mampu membacanya, anak terdiam dan mengalihkan perhatian. Sesuai
dengan permasalahan yang telah dikemukakan di atas maka, penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan pada
anak autis kelas III di SDN Gadang 2 Banjarmasin dalam penggunaan metode
Make a Match.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan
metode quasi eksperimen dengan desain penelitian A-B-A. Subjek penelitian
adalah siswa yang berinisial MA kelas III di SDN Gadang 2 Banjarmasin. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi langsung
mengamati dan mencatat langsung perilaku anak dalam bidang akademik bahasa
Indonesia membaca permulaan.
Berdasarkan hasil penelitian pengumpulan data pada sesi
Baseline (A1)
yaitu di lakukan sebanyak 5 sesi dengan memiliki nilai presentase rata-rata 20%.
Pada sesi Intervensi (B) anak autis diperkenalkan metode Make a Match yaitu
dengan memasangkan gambar dan kata yang sesuai sebanyak 10 sesi dengan
presentase yang bervariasi, adapun nilai nya menunjukkan peningkatan 50%,
65%, 65%, 70%, 65%, 65%, 70%, 70%, 65%, 70%. Setelah diberikan fase
Intervensi hasil
Baseline (A2) dilakukan pengumpulan data sebanyak 5 sesi
adapun nilai nya 80%, 75%, 80%, 80%, 85%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat di lihat bahwa menunjukkan adanya
peningkatan terhadap kemampuan membaca permulaan anak autis. Kesimpulan
yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah pengaruh metode Make a Match

vi
dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak autis di SDN Gadang
2 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI