DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) BERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA | |
PENGARANG | : | NURLIMAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-07-01 |
Belum adanya LKPD STEM berintegrasikan kearifan lokal dan rendahnya hasil
belajar peserta didik menjadikan latar belakang penelitian ini. Penelitian dan
pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation). Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah
untuk menghasilkan LKPD STEM berintegrasi kearifan lokal yang layak digunakan
dalam pembelajaran. Secara Khusus penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan: (1) validitas LKPD, (2) kepraktisan LKPD, (3) efektivitas LKPD.
Subjek uji coba adalah 35 peserta didik di kelas X MIPA 3 SMAN 8 Banjarmasin.
Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar validasi LKPD dan
THB, lembar pengamatan produk STEM, lembar ketercapaian STEM, angket
respon, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunukkan bahwa (1) validitas
LKPD memperoleh skor sebesar 3,50 dengan kategori sangat baik (2) kepraktisan
LKPD memperoleh skor sebesar 3,40 dengan kategori praktis (3) efektivitas LKPD
memperoleh skor sebesar 0,65 dengan kategori sedang. Diperoleh simpulan bahwa
LKPD STEM berintegrasi kearifan lokal untuk meningkatkan hasil peserta didik
layak digunakan saat proses pembelajaran.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI