DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LUMATAN DAUN BINAHONG (ANREDERA CORDIFOLIA) TERHADAP LAMA PENYEMBUHAN LUKA INSISI TERKONTAMINASI PADA MENCIT PUTIH (MUS MUSCULUS)
PENGARANG:RINI ASTUTI -1003
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-01


ABSTRAK

 

PENGARUH LUMATAN DAUN BINAHONG (Anredera cordifolia) TERHADAP LAMA PENYEMBUHAN LUKA INSISI TERKONTAMINASI PADA MENCIT PUTIH (Mus musculus)

Rini A

 

Latar Belakang:Lukaterkontaminasi berpotensi menjadilukakronisjikadalamproses penyembuhannyaterjadiperlambatan sehingga rentan untuk terjadi infeksi luka.Dampak dari luka yang terinfeksi yaitukecacatanhinggakematian,peningkatanbebanklinisdan keuanganpeningkatan LOS danpembiayaanolehpasien. Oleh karenaitu,diperlukanpengetahuan danketerampilanyangterus diperbaharuiolehperawatsebagaicaregiverdalammelakukan perawatan luka.

Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh lumatan daun binahong (anredera cordifolia) terhadap lama penyembuhan luka insisi terkontaminasi pada mencit putih (mus musculus)

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, penelitian eksperimental murni dengan design penelitian post test only control group. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling.

Hasil: Hasil pada penelitian ini menyatakan rata-rata lama penutupan luka dengan menggunakan NaCl 0,9% adalah 11 hari, sedangkan menggunakan NaCl 0,9% dan lumatan daun binahong rata-rata 9 hari. Hasil analisis menunjukkan pengaruh pemberian lumatan daun binahong (Anredera cordifolia) terhadap lama penyembuhan luka terkontaminasi pada mencit putih (Mus musculus) (p value= 0.000<0.05)

Diskusi: Lumatan daun binahong (Anredera cordifolia) terhadap lama penyembuhan luka terkontaminasi pada mencit putih mempunyai pengaruh dilihat dari rata-rata lama penyembuhan luka kedua kelompok.

Kata Kunci: Daun Binahong, Penyembuhan Luka, Mencit Putih

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI