DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kualitas Hidup Pada Pasien Stroke: Literature Review
PENGARANG:RIZKI THAYIBAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-01


ABSTRAK

KUALITAS HIDUP PADA PASIEN STROKE

Thayibah R

Latar Belakang: Stroke diperoleh dari cedera fokus akut sistem saraf pusat yang disebabkan oleh vaskuler, infark serebral, perdarahan subarachnoid, dan perdarahan intraserebral ditandai defisit neurologis. Stroke mengakibatkan perubahan aspek kehidupan dan kualitas hidup.

Tujuan: Mengetahui kualitas hidup dan mengidentifikasi faktor yang berhubungan dengan kualitas hidup pasien stroke.

Metode:Studidilakukan dengan literature review, tujuh literatur teridentifikasidua database yaitu: Google scholar dan Garuda rentang 2010-2020. Desain penelitian ini adalah cross sectional analitik studi dengan populasi pasien stroke. Semua artikel dianalisis menggunakan instrumen JBI Critical Appraisal Tools-Cheklist For Analytical Cross Sectional Studies dan memenuhi kriteria.

Hasil:Klasifikasi gambaran kualitas hidup pasien stroke bervariasi sesuai kualitas hidupnya yang dilihat dari domain, rerata, waktu lamanya stroke, kekuatan otot inspirasi, dan masalah penglihatan. Diketahui faktor yang berhubungan dengan kualitas hidup memiliki ragam yang luas.

Pembahasan: 3 artikel menyebutkan kualitas hiduppasien stroke baik atau tinggi, 2 artikel melihat kualitas hidup berdasarkan nilai rerata, 1 artikel melihat kualitas hidup pasien stroke dari waktu lamanya stroke, dan 1 artikel mengatakan kualitas hidup pasien stroke buruk. Faktor berhubungan dengan kualitas hidup pasien stroke paling erat hubungannya yaitu Activity Daily Living, usia, pekerjaan, dan depresi..

 

Kata kunci: stroke, kualitas hidup

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI