DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Tingkat Kontrol Asma Pada Penderita Asma Di Wilayah Kerja Puskesmas Pengaron
PENGARANG:SITI RAHMIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-01


 

Latar Belakang: Asma merupakan suatu penyakit pada saluran sistem pernapasan yang bersifat kronis. Penyakit asma memiliki tujuan utamapenatalaksanaannya adalah mencapai dan mempertahankan asma terkontrol. Pengetahuan terkait dengan asma sangat penting dalam mencapai tingkat kontrol asma. Kurangnya pengetahuan dan tingkat kontrol asma mengakibatkan asma yang tidak terkontrol.

 

Tujuan: Menganalisis hubungan tingkat pengetahuan dengan tingkat kontrol asma di wilayah kerja Puskesmas Pengaron

 

Metode: Penelitian ini menggunakan metode non-eksperimental dengan desain analitik korelasional dengan pendekatan crosssectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probability samplingdengan jenis purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 125 penderita asma. Pengambilan data dilakukan dengan cara mengisi kuesioner. Analisis data menggunakan uji chi-square.

 

Hasil:Padapenelitianiniterdapathubungantingkat pengetahuan dengan tingkat kontrol asma di wilayah kerja Puskesmas Pengaron (p-value= 0,030 <a=0,05).

Diskusi: Tingkat pengetahuan yang tinggi dapat menimbulkan asma yang terkontrol. Perawat puskesmas diharapkan agar lebih aktif dan giat untuk memberikan penyuluhan kesehatan kepada penderita tentang pemahaman penyakit asma dan pentingnya tingkat kontrol asma yang tepat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI