DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH, KEPUASAN KERJA, KOMITMEN KERJA DENGAN KINERJA GURU SMPN DI KECAMATAN ALUH-ALUH KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:CHAIRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-01


 

ABSTRAK

 

 

 

 

 

Chairiani, 2021. Hubungan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja dan Komimen Kerja terhadap Kinerja Guru SMPN di Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Tesis. Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si, M.Sc. Pembimbing II: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph.D.

 

 Kata Kunci: Keterampilan Manajerial, Kepuasan, Komitmen, Kinerja Guru

 

 Kinerja guru merupakan hasil kerja yang dicapai seseorang guru dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya. Kepala sekolah berperan dan bertanggung jawab memimpin, mengorganisir, memantau, membina juga memperbaiki proses belajar mengajar, baik konsep manajerial dalam menciptakan kepuasan kerja yang baik dan membangun komitmen kerja guru yang baik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh secara langsung dan tidak langsung antara keterampilan manajerial kepala sekolah, kepuasan kerja dan komitmen kerja terhadap kinerja guru SMPN di Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar.

 

Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode cross sectional dan menggunakan teknik korelasi (correlation research).  Populasi penelitian sebanyak 160 guru dan diambil 114 responden sebagai sampel penelitian dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan intrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan analisis jalur (path analysis).

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai regresi variabel adalah angka positif seperti keterampilan manajerial kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0,360, koefisien regresi keterampilan manajerial kepala sekolah (X1) terhadap komitmen kerja (Z) sebesar 0,264, koefisien regresi kepuasan kerja (X2) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0,259, koefisien regresi kepuasan kerja (X2) terhadap komitmen kerja (Z) sebesar 0,227, koefisien regresi komitmen kerja (Z) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0,262, koefisien regresi keterampilan manajerial kepala sekolah (X1) melalui komitmen kerja (Z) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0,069 dan koefisien regresi kepuasan kerja guru (X2) melalui komitmen kerja (Z) terhadap kinerja guru(Y) sebesar 0,059.

 

Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh langsung yang signifikan keterampilan manajerial kepala sekolah, kepuasan kerja dan komitmen terhadap kinerja guru SMPN di Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar dan terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan keterampilan manajerial kepala sekolah dan kepuasan kerja melalui komitmen terhadap kinerja guru SMPN di Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Saran kepada kepala sekolah dapat menambah program manajerialnya, guru dapat meningkatkan komitmennya melalui loyalitas dan partisipasinya untuk kemajuan sekolah, pengawas dapat menemukan supervisi yang tepat mengenai keterampilan manajerial kepala sekolah dan peneliti selanjutnya dapat menganalisis penelitian tentang kinerja guru secara lebih mendalam dengan menggunakan variabel yang lebih banyak lagi.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI