DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Uji Farmakognostik dan Aktivitas Antioksidan Ekstrak Metanol Daun Sungkai (Peronema canescens Jack.) Asal Kalimantan Selatan
PENGARANG:FACHRIDA RAHMAH YULISTATI-1399
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-01


ABSTRAK

UJI FARMAKOGNOSTIK DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK METANOL DAUN SUNGKAI (Peronema canescens Jack.) ASAL KALIMANTAN SELATAN (Oleh: Fachrida Rahmah Yulistati; Pembimbing: Sutomo; 2021; 51 halaman)

 

Sungkai (Peronema canescens Jack.) merupakan tanaman yang telah lama digunakan oleh suku Dayak untuk mengobati demam dan meningkatkan imunitas tubuh n. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan parameter spesifik dan nonspesifik serta menentukan aktivitas antioksidan ekstrak metanol daun P. canescens. Metode uji farmakognostik mengacu pada Farmakope Herbal Indonesia. Aktivitas antioksidan ditentukan berdasarkan nilai IC50 dengan metode DPPH. Hasil uji organoleptik simplisia yaitu serbuk berwarna hijau, berasa pahit, dan berbau khas. Hasil uji mikroskopik terhadap penampang melintang dan membujur dari daun P. canescens menunjukkan adanya struktur kutikula, epidermis, palisade, bunga karang, trikoma, kolenkim, dinding sel, dan stomata. Ekstrak dan simplisia daun P. canescens mengandung senyawa fenol, flavonoid, alkaloid, steroid, tanin, dan saponin. Profil KLT dengan pemisahan yang baik ditunjukkan oleh kromatogram dengan eluen n-heksan:etil asetat (6:4 dan 7:3). Karakteristik farmakognostik simplisia secara kuantitatif yaitu susut pengeringan sebesar 7,43%±0,153; kadar sari larut air 9,0%±0,1; dan kadar sari larut etanol 10,3%±0,1. Karakteristik farmakognostik ekstrak secara kuantitatif yaitu kadar abu total sebesar 4,1%±0,173; kadar abu tidak larut asam 0,23%±0,028. Aktivitas antioksidan ekstrak metanol daun P. canescens termasuk kategori kuat dengan IC50 sebesar 63,977 ppm.

 

Kata Kunci :  Daun, sungkai; Peronema canescens Jack.; farmakognostik, antioksidan; DPPH

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI