DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DI POLI UMUM PUSKESMAS KAMBAT UTARA
PENGARANG:MUZDALIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-02


Latar Belakang: Pelayanan keperawatan merupakan suatu pelayanan yang bertujuan untuk mengayomi masyarakat dalam hal kesehatan, sehingga pasien akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perawat, tidak terkecuali di Puskesmas.

Tujuan: Untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat KepuasanPasienBPJSdiPoliUmumPuskesmasKambatUtara.

Metode: Penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional, menggunakan teknik accidentalsampling dan didapatkan responden sebanyak 207 orang. Uji analisa menggunakan uji Chi Square.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 166 responden (80,2%) telah memberikan pelayanan keperawatan dengan kategori baik, dan sebanyak 117 responden (56,5%) merasa puas. Uji Chi-Square menunjukkan nilai p-value 0,000 <  0,05 dan koefisien korelasi (r) 0,460 dengan kekuatan korelasi cukup kuat.

Kesimpulan: Terdapat adanyahubungan diantara keperawatan dan tingkat kepuasan dari pasien pengguna BPJS di Poli Umum Puskesmas Kambat Utara.

 

Kata kunci : kepuasan pasien, pelayanan keperawatan, puskesmas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI