DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penggunaan Smartphone di Kalangan Anak Petani Desa Pandan Sari Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:ABDUL RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-02


ABSTRAK 

Abdul Rahman, 2021. Penggunaan Smartphone di Kalangan Anak Petani Desa Pandan Sari Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu   Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (1) Sigit Ruswinarsih, Pembimbing (II) Reski, P.

Kata Kunci: Penggunaan, Smartphone, Anak Petani.

            Perkembangan teknologi Smartphone yang terjadi di masyarakat tidak hanya terbatas di perkotaan tetapi juga sudah merambah pedesaan. Seperti yang terjadi di Desa Pandan Sari penggunaan Smartphone marak digunakan berbagai kalangan usia mulai dari tua, muda sampai dengan anak-anak yang masih bersekolah. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kebiasaan menggunakan Smartphone di kalangan anak petani. (2) untuk mendeskripsikan pengawasan orang tua kepada anak yang menggunakan Smartphone di Desa Pandan Sari.

            Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data dipilih dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kebiasaan menggunakan Smartphone di kalangan anak petani di Desa Pandan Sari terbagi menjadi tiga yaitu: (a) keperluan belajar, yakni mereka memanfaatkan Smartphone untuk mencari bahan pembelajaran dan sebagai sarana pembelajaran jarak jauh. (b) sarana hiburan, dimana mereka bisa bermain game dan mengakses youtube. (c) media komunikasi, Smartphone mereka pakai untuk melakukan komunikasi dengan guru dan teman melalui media sosial baik untuk keperluan sekolah ataupun lainnya. (2) pengawasan orang tua kepada anak yang menggunakan Smartphone di Desa Pandan Sari terbagi menjadi tiga yaitu: (a) pendampingan, bentuk pendampingan yang dilakukan orang tua yang dengan membersamai anak ketika bermain Smartphone. (b) memberikan batasan, salah satu cara orang tua membatasi anak yaitu dengan menegur mereka ketika terlalu lama bermain Smartphone.  dan (c) pemberian sanksi, cara orang tua memberikan sanksi kepada anak yang melanggar batasan yaitu dengan menegur disertai dengan nasehat dan peringatan serta menyita Smartphone milik anak.

            Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada (1) pemerintah atau instansi terkait menggencarkan sosialisasi tentang Parenting kepada keluarga yang tinggal di pedesaan. Agar para orang tua bisa menyesuaikan cara mengasuh anak dengan perkembangan zaman. (2) para orang tua diharapkan bisa mengawasi anak-anak dalam memainkan Smarphone miliknya. (3) bagi mahasiswa yang ingin meneliti tentang kajian keluarga sebaiknya meneliti tentang peran keluarga petani dalam memberikan pola asuh di era modern seperti saat ini.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI