DIGITAL LIBRARY



JUDUL:VALIDASI SKOR APACHE II DAN SOFA SEBAGAI PREDIKTOR MORTALITAS PASIEN DI RUANG ICU: LITERATURE REVIEW
PENGARANG:DEWI KHAYATUN NUFUS -1212
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-02


 

ABSTRAK

 

VALIDASI SKOR APACHE II DAN SOFA SEBAGAI PREDIKTOR MORTALITAS PASIEN DI RUANG ICU: LITERATURE REVIEW

 

NufusDK

 

Latar Belakang: Intensive Care Unit (ICU) merupakan ruangan untuk menangani pasien kritis. Ruang ICU memiliki angka mortalitas tinggi sehingga diperlukan sistem penilaian untuk memprediksi yang valid.

 

Tujuan: Mengetahui nilai validasi skor APACHE II dan SOFA sebagai prediktor mortaitas pasien di ICU.

 

Metode: Studi ini dilakukan dengan literature review. Dua belas literatur diidentifikasi dari Google Scholar, Proquest, dan Science Direct dalam rentang tahun 2015-2020. Desain penelitian artikel yaitu cohort dengan populasi pasien usia dewasa yang dirawat di ICU. Semua artikel dianalisis menggunakan instrumen JBI Critical Appraisal Tools-Cheklist for Cohort Studies dan memenuhi kriteria.

 

Hasil: APACHE II dan SOFA memiliki nilai validasi yang berbeda. Terdapat tiga waktu yang tepat dalam pengambilan data pada APACHE II dan SOFA saat pasien masuk ICU.

 

Pembahasan: APACHE II dan SOFA memiliki nilai validasi yang baik dilihat dari  AuROC >0,7. Diketahui bahwa  APACHE II lebih valid dibandingkan SOFA sebagai prediktor mortalitas di ICU. Waktu penilaian APACHE II dan SOFA yaitu pada 24 jam, 48 jam, dan 7 hari pasien masuk ICU

 

 

 

Kata kunci: APACHE II, SOFA, mortalitas, ICU

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI