DIGITAL LIBRARY



JUDUL:LITERATURE REVIEW: HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP DAN MOTIVASI DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN ISPA PADA IBU ANAK BAWAH LIMA TAHUN (BALITA)
PENGARANG:AULIA LUMINTA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-03


ABSTRAK

LITERATURE REVIEW: HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP DAN MOTIVASI DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN ISPA PADA IBU ANAK BAWAH LIMA TAHUN (BALITA)

 

Aulia Luminta

 

Infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) merupakan penyakit utama penyebab kematian bayi dan sering menempati urutan pertama angka kesakitan balita. Berdasarkan data Riskesdas tahun 2013 prevalensi kejadian ISPA pada balita di Indonesia sebanyak 25,8%.Untuk mengurangi terjadinya penyakit maka pencegahan perlu dilakukan. Faktor yang dapat mempengaruhi perilaku pencegahan ISPA pada balita diantaranya adalah faktor predisposisi, faktor pemungkin dan faktor penguat. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan kajian literatur mengenai hubungan antara pengetahuan, sikap dan motivasi ibu dengan perilaku pencegahan ISPA pada balita. Jenis penelitian yang digunakan adalah literature review. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa artikel jurnal atau publikasi ilmiah yang terpilih yang didapatkan dari database jurnal yaitu google scholar dan science direct dari tahun 2011-2020 dengan kata kunci “pengetahuan ibu” atau “knowledge”, “sikap ibu” atau “attitude”, “motivasi ibu” atau “motivation”, “perilaku pencegahan” atau “preventive behavior”, “ISPA” atau “ARI”, “balita” atau “children”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 13 artikel yang dikaji sebanyak 92,3% literatur menyatakan ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dengan perilaku pencegahan ISPA pada balita, 46,2% literatur menyatakan ada hubungan antara sikap ibu dengan perilaku pencegahan ISPA pada balita dan 15,4% literatur menyatakan ada hubungan antara motivasi ibu dengan perilaku pencegahan ISPA pada balita. Diharapkan bagi tenaga kesehatan untuk meningkatkan upaya pencegahan ISPA pada balita dengan melakukan kegiatan penyuluhan dan pendidikan kesehatan secara rutin dan efektif, memberikan dorongan atau motivasi terhadap ibu balita serta melakukan pemberdayaan masyarakat.

 

Kata Kunci: motivasi, pencegahan ISPA, pengetahuan, sikap

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI