DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, SEMANGAT KERJA DAN KINERJA GURU SMP NEGERI SE KECAMATAN PULAU LAUT UTARA KABUPATEN KOTABARU
PENGARANG:SANDRA MARIYUS ADIPA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-03


ABSTRAK

 

Adipa, Sandra Mariyus. 2021. Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Semangat Kerja dan Kinerja Guru SMP Negeri Se Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru. Tesis. Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D. Pembimbing II: Dr. H. Muhammad Saleh, M.Pd.

Kata Kunci: Kinerja Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi, Semangat Kerja

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kinerja guru, kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan semangat kerja guru, 2) Menganalisis hubungan langsung antara: kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru; motivasi kerja dan kinerja guru; kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru; kepemimpinan kepala sekolah dan semangat kerja guru; semangat kerja dan kinerja guru.3) Menganalisis hubungan tidak langsung antara kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru melalui motivasi kerja; kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru melalui semangat kerja.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 128 orang. Instrumen pengumpulan data adalah angket dan penilaian kinerja guru. Angketyang digunakan telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan regresi berganda dan analisis jalur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kinerja guru, kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan semangat kerja di SMP Negeri se-Kecamatan Pulau Laut Utara Kotabaru berada pada klasifikasi tinggi, 2) Ada hubungan langsung antara: kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru sebesar 0,570;motivasi kerja dan kinerja guru sebesar 0,324;Kepemimpinan Kepala Sekolah dan kinerja guru sebesar 0,385;kepemimpinan kepala sekolah dan semangat kerja guru sebesar 0,427;semangat kerja dan kinerja guru sebesar 0,491.3) Ada hubungan tidak langsung antara kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru melalui motivasi kerja guru sebesar 0,185;kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru melalui semangat kerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri se Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru sebesar 0,209.

Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan langsung dan tak langsung yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, semangat kerja guru dan kinerja guru SMP Negeri se Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru. Disarankan guru hendaknya dalam melaksanakan tugas lebih berorientasi kepada tujuan sekolah, memperhatikan alokasi waktu, bisa merencanakan kegiatan pembelajaran dengan lebih efektif dan bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lain dengan variabel yang berhubungan dengan kinerja guru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI