DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT SEMPADAN SUNGAI TAPIN DI KABUPATEN TAPIN TERHADAP KELESTARIAN LINGKUNGAN YANG BERKELANJUTAN
PENGARANG:NURUL AINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-04


Aina, Nurul. 2019. Analisis Partisipasi Masyarakat Sempadan Sungai Tapin di Kabupaten

Tapin Terhadap Kelestarian Lingkungan Yang Berkelanjutan. Tesis. Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru. Pembimbing : Prof. Dr. Ir. Emmy Sri Mahreda, MP, Dr. Kissinger, S. Hut, M.Si, Dr. Hamdani, S.Hut, MP.

 

 

Kata Kunci : Partisipasi masyarakat, Sempadan Sungai, Sungai

 

 

Sungai merupakan bagian lingkungan yang sangat penting dalam kehidupan manusia terutama pada kawasan yang jauh dari perkotaan, sebagian masyarakat dalam berbagai aktivitas kehidupannya, mencuci mandi, sumber air minum dan lain sebagainya masih bergantung pada sungai. Dan sebaliknya, berbagai kerusakan lingkungan seperti banjir berawal dari kerusakan (degradasi) pada sungai. Degradasi budaya dan kehidupan masyarakat menyebabkan degradasi sungai dan air. Sebagian besar kondisi umum sungai di Indonesia termasuk di sungai Tapin di Kota Rantau Kalimantan Selatan.Sempadan sungai adalah zona penyangga antara ekos?stem perairan (sungai) dan daratan, sebagai zona transisi antara ekosistem daratan dan ekosistem perairan, sempandan sungai merupakan kawasan yang sangat penting, baik bagi kelestarian sungai sebagai sumber air masyarakat maupun sebagai ekodrainase wilayah guna mengendalikan banjir dan longsor. Masyarakat di sempadan sungai adal ah kelompok masyarakat yang memiliki peran sangat strategis untuk menjaga kelestarian sungai karena cara pandang berkehidupan mereka sangat menentukan kondisi sungai secara berkelanjutan. Kondisi memprihatinkan mengenai keadaan ekologi sungai menurun kualitasnya yang terjadi di banyak kota besar pun terjadi di Sungai Tapin. Banyak sampah ditemukan di aliran sungai, lebar sungai semakin pendek karena di sempadan sungai banyak rumah-rumah warga yang di bangun di atas sungai, kegiatan penambangan pasir di sungai yang menggerus kedalaman sungai sehingga berdampak pada kualitas air sungai, kegiatan penambakan ikan dan sebagainya sehingga Sungai Tapin dilihat dari kualitas sangat menurun potensinya setiap harinya.Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah untuk menganalisis partisipasi masyarakat di sempadan sungai terhadap kelestarian lingkungan sungai Tapin di Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran yang mengkombinasikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan teknik pengambilan data mel alui wawancara kepada informan, observasi langsung ke lapangan dan penyebaran kuesioner kepada responden yaitu masyarakat di sempadan Sungai Tapin serta pengumpulan data sekunder lainnya berupa data tertulis dari berbagai pustaka serta foto dokumentasi selama penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai partisipasi masyarakat terhadap keikutsertaan dalam upaya pelestarian Sungai Tapin adalah 70,825 % yang artinya masuk dalam tingkatan partisipasi 62,50% - 81,24% dinyatakan "berpartisipasi". Namun jika dilihat dari hasil wawancara yang tertuang dalam kuesioner, dinyatakan bahwa sebanyak 30% saja yang berpartisipasi sedangkan 70% masyarakat mengaku tidak pernah ikut berpartisipasi dalam upaya pemeliharaan dan pelestarian Sungai Tapin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI