DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI KELAYAKAN APLIKASI SOBAT MASJID BERBASIS WEB
PENGARANG:NAZARUDIN SYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-05


STUDI KELAYAKAN APLIKASI SOBAT MASJID BERBASIS WEB (Oleh:Nazarudin Syah; Pembimbing:M. Reza Faisal, S.T., M.T., PhDdanFriska Abadi,S.Kom., M.Kom; 2021;79halaman)

 

Masjid memerlukan sebuah sistem informasi sebagai mediapublikasi yang terarah untuk menghubungkan antara pengurus Masjid dan masyarakatdalam memakmurkan Masjid(Sobat Masjid). Sebelum diimplementasikan harus dilakukan tahap perencanaan yaitu dengan membuat studi kelayakan aplikasi. Setelah dibuat, hasilnya aplikasi Sobat Masjid layak untuk dikembangkan karena keuntungan berikut.Teknologi yang ada sudah compatible, menambah pendapatan infaq, mengurangi biaya operasional pelaporan informasi dan peningkatan jumlah pengunjung pengajian Masjid. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil implementasi aplikasi Sobat Masjid apakah sesuai dengan studi kelayakan yang dibuat.

Aplikasi Sobat Masjid diimplementasikan di Masjid Agung Al-Munawwarah Banjarbaru selama 3 bulan. Data yang didapat yaitu rata-rata pendapatan infaq meningkat 8%, biaya operasional pelaporan informasi berkurang 96% dan peningkatan jumlah pengunjung 33,3%. Hasil dari penelitian ini adalahimplementasi aplikasi sobat Masjid sesuai dengan studi kelayakan aplikasi yang telah dibuat.

Walaupun terdapat perbedaan persentase angka padatangible valuedaneconomic feasibilitytetapi tidak mempengaruhi kelayakan aplikasi untuk dikembangkan.

 

Penyebab studi kelayakan mampu dipenuhi karena adanya fitur aplikasi yang menyelesaikan masalah dan mendukung masing-masing poin yang dibuat pada studi kelayakan aplikasi.

Kata kunci: Sobat Masjid,Masjid, Studi Kelayakan, Aplikasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI