DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN TARI KUPU-KUPU DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS I SDN KEBUN BUNGA 3 BANJARMASIN
PENGARANG:FITRIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-05


 

ABSTRAK

 

Fitria. 2017. Pembelajaran Tari Kupu-kupu dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas 1 SDN kebun bunga 3 Banjarmasin. Skripsi, Pendidikan Sendratasik, Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing Maryanto,Msn dan Dewi Alfianti,M.pd

 

 

 

Kata kunci: Pembelajaran Seni tari, Metode Demonstrasi

 

Pembelajaran seni tari untuk siswa Sekolah Dasar terutama di SDN kebun bunga 3 merupakan bagian dari mata pelajaran Seni Budaya, Sejauh ini dalam pembelajaran seni tari masih berupa teori dengan metode ceramah dan belum dipraktekkan langsung oleh siswa. Pada penelitian ini Pembelajaran ragam tari kupu-kupu pada pelajaran Seni Budaya yaitu dengan menggunakan metode Demonstrasi. Tujuan Penelitian ini yaitu mendeskripsikan pembelajaran ragam gerak tari kupu-kupu dengan metode Demonstrasi dikelas I SDN Kebun Bunga 3 Banjarmasin.

 

Hasil penelitian yang diperoleh dari proses pembelajaran Tari Kupu-kupu pada siswa kelas I SD Negeri  kebun bunga 3 Banjarmasin dikatagorikan menjadi tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Aspek kognitif dilihat dari kemampuan siswa dalam mengingat, menghafal, dan memahami tarian. Aspek afektif meliputi tingkat mengenal gerak tari, merespon, menghargai. Aspek psikomotorik dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam menirukan gerak, ketepatan dalam gerak, merangkaikan gerak dan melakukan gerak secara wajar. Saran bagi siswa kelas I SD kebun bunga 3 agar lebih giat dan disiplin dalam belajar khususnya belajar menari agar ilmu yang diperoleh bermanfaat di masa sekarang dan mendatang, bagi guru SD kebun bunga 3 banjarmasin, materi dan metode pembelajaran tari untuk anak SD.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI