DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEREMPUAN OJEK ONLINE
PENGARANG:MEYLINA EKA SETIAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-06


 

Meylina Eka Setiawati, 2021. Perempuan Ojek Online “Mba Jeck’ di Kota Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Yuli Apriati  (II) Laila Azkia. 

Kata Kunci: Ojek Online “Mba Jeck”, Perempuan.

Banyaknya perempuan yang sudah bekerja, membuktikan bahwa perempuan juga dapat berperan dalam ranah publik seperti guru, dokter, karyawan, bahkan menjadi tukang ojek online. Ojek online yang biasanya laki-laki, namun disini perempuan pun dapat menjadi pengemudi ojek online. Penelitian ini bertujuan: (1) menemukan  gambaran profil kerja ojek online “Mba Jeck” (2) menemukan profil kehidupan beragama ojek online “Mba Jeck”.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan langkah-langkah reduksi data, display dan verification.

Hasil penilitian menunjukan bahwa: (1) Gambaran profil kerja ojek online “Mba Jeck” terdiri dari 2 bagian  yaitu adanya aturan kerja dan motif bekerja menjadi ojek online “Mba Jeck”. Aturan kerja disini terdapat beberapa syarat untuk menjadi pengemudi ojek online “Mba Jeck” yaitu, pakaian syar’i, yang merupakan aturan yang ditetapkan untuk menjadi pengemudi ojek online Mba Jeck walaupun aturan tersebut hanya secara verbal, penggunaan atribut/jaket yang harus ditebus pengemudi ojek online Mba Jeck, dan persetujuan suami/wali untuk bekerja menjadi pengemudi ojek online Mba Jeck. Dalam motivasi bekerja, terdiri dari 2 jenis pekerjaan yaitu menjadikan pekerjaan menjadi ojek online sebagai pekerjaan utama, dan yang kedua menjadikannya pekerjaan sampingan, dengan tujuan yang sama yaitu untuk menambah penghasilan keluarga. (2) Gambaran profil kehidupan beragama ojek online “Mba Jeck” terdiri dari aturan untuk berpakaian syar’i yang merupakan ketentuan dalam menjadi ojek online “Mba Jeck”, dan pemilihan antara penerimaan orderan dengan melaksanakan kewajiban sholat, yang kebanyakan dari pengemudi ojek online lebih memilih melaksanakan kewajiban sholat terlebih dahulu, dan menunda orderan.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan bagi para pengemudi ojek online perempuan untuk terus meningkatkan kinerjanya dan pelayanan yang lebih baik lagi untuk pelanggannya, dan dapat memiliki aplikasi resmi, serta mengadakan promosi, dan untuk riset selanjutnya agar dapat menjadi kelengkapan dan penambahan dalam penelitian sebelumnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI