DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PRAANGGAPAN PADA TUTURAN TOKOH DALAM NOVEL "SAMAN" KARYA AYU UTAMI DENGAN PERSPEKTIF GENDER
PENGARANG:M SYARIF SYAWWALI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-06


ABSTRAK

Syawwali, M. Syarif.2021. Praanggapan pada Tuturan Tokoh dalam Novel Saman Karya Ayu Utami dengan Perspektif Gender. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Rusma Noortyani, M.Pd; (II) Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd., Ph.D.

 

Kata kunci : praanggapan, feminisme,gender, marginalisasi

 

Novel menjadi salah satu karya sastra yang diminati oleh masyarakat karena kejadian yang dialami oleh tokoh-tokoh melalui rangkaian cerita dihidupkan lewat tuturan yang menyertainya. Praanggapan dalam novel bisa kita temukan saat memperhatikan tuturan tokoh disertai pemahaman watak tokoh serta konteks cerita, sehingga secara tidak langsung dapat melatih daya pikir pembacanya.

Dalam novel Saman, Ayu Utami sebagai pengarang merangsang pembaca untuk melihat gambaran yang luas mengenai kenyataan dari kehidupan yang memiliki beragam persoalan  di sekitar kehidupan  modern. Tuturan-tuturan tokoh dalam novel memberikan dimensi yang menciptakan praanggapan bagi pembaca.

Novel Saman tidak lepas dari perspektif gender yang terepresentasi dari teks di dalamnya. Ideologi gender terpancar kuat pada empat tokoh karakter wanita dalam novel tersebut: Laila, Shakuntala, Cok, dan Yasmin. Wanita Indonesia dalam teks novel tidak hanya terkait dengan laki-laki dan keluarga, tetapi juga tergantung aspek agama dan sosial. Hal ini menjadikan peneliti tertarik untuk menemukan korelasi perspektif gender dengan praanggapan pada tuturan tokoh dalam novel Saman karya Ayu Utami. 

Penelitian ini membahas praanggapan yang terdapat pada tuturan tokoh dan perspektif gender yang menyertainya dalam novel Saman. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah novel Saman karya Ayu Utami dan berfokus pada praanggapan dan jenis-jenisnya serta perspektif gender yang terkandung di dalamnya. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Samankarya AyuaUtami dan data dalam penelitian ini adalah tuturan antartokoh dalam novel Saman beserta dengan konteksnya yang mengandung praanggapan dengan perspektif gender. Data-data mengenai praanggapan dianalisis menggunakan teori George Yule ( dalam Jumadi, 2006).

Berdasarkan analisis yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa di dalam novel Saman karya Ayu Utami terdapat praanggapan. Praanggapan yang ditemukan yaitu 1) praanggapan eksistensial; 2) praanggapan leksikal; 3) praanggapan faktif; 4) praanggapan nonfaktif; 5) praanggapan struktural; dan 6) praanggapan konterfaktual. Serta, perspektif gender termuat di beberapa data jenis praanggapan kecuali praanggapan nonfaktif. Perspektif gender yang ditemukan terbagi dalam dua kategori yaitu 1) keadilan dan kesetaraan gender dan 2) ketidakadilan dan ketidaksetaraan gender.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI