DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM PESERTA DIDIK KELAS IX-B SMPN 7 BANJARMASIN
PENGARANG:PINGKAN ALIFYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-06


ABSTRAK

 

Alifya, Pingkan. 2021. Kemampuan Menulis Cerpen dengan Media Google Classroom Peserta Didik Kelas IX-B SMPN 7 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Sabhan, M.Pd.; (II) Dr. Noor Cahaya, M.Pd.

 

Kata kunci:menulis,kemampuan menulis, cerpen.

 

Pembelajaran menulis memerlukan perhatian khusus.Kegiatan menulis yang tidak diimbangi dengan praktik yang teratur menjadi salah satu faktor rendahnya kemampuan menulis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan: (1) hasil kemampuan menulis cerpen dengan media Google Classroom peserta didik kelas IX-B SMPN 7 Banjarmasinpada aspek struktur, kebahasaan, dan unsur pembangun dan (2) hasil kemampuan komprehensifmenulis cerpen dengan media Google Classroom  peserta didik kelas IX-B SMPN 7 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatifdan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini berjumlah 31 peserta didik. Penentuan populasi dan sampel menggunakan teknik sampel kuota(quota sampling). Instrumen penelitian ini ialah tes unjuk kerja dan rubrik penilaian. Teknik pengumpulan data berupa tes unjuk kerja..Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan rumus yang sesuai dengan program SPSS.

Untuk nilai Struktur pada kategori sangat mampu dengan nilai rerata 96,77 (87%).Untuk nilai kebahasaan sebagai berikut, pemakaian huruf pada kategori kurang mampu dengan nilai rerata 41,94 (77,4%), penulisan katapada kategori sangat mampu dengan nilai rerata 100,0(100%), dan penggunaan tanda bacapada kategori mampudengan nilai rerata 88,71 (90,3%).Untuk nilai unsur pembangun sebagai berikut, temapada kategori kurang mampudengan nilai rerata67,74(61,3%), tokoh dan penokohanpada kategori mampu dengan nilai rerata81,45(93,5%), latarpada kategori mampu dengan nilai rerata81,45 (83,9%), alurpada kategori mampu dengan nilai rerata 83,87(90,3%), sudut pandangpada kategori cukup mampu dengan nilai rerata75,00 (100%), dan amanatpada kategori mampu dengan nilai rerata85,48 (100%).Kemampuan menulis cerpen dengan media Google Classroom peserta didik kelas IX-B secara komprehensif berada pada kategori mampu dengan nilai rerata 80,24 (90,3%).

Peneliti menyarankan agar peneliti selanjutnya dapat menambah aspek penelitian tidak hanya meneliti struktur, pemakaian huruf, penulisan kata, penggunaan tanda baca, tema, tokoh dan penokohan, latar, alur, sudut pandang, dan amanat. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti penggunaan diksi, kalimat, paragraf, majas, dan menggunakan program yang dapat mendeteksi plagiasi pada cerpen yang dibuat peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI