DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MEDIA PUZZLE HURUF TERHADAP KEMAMPUAN IDENTIFIKASI HURUF ANAK DISLEKSIA
PENGARANG:KUSMARINI WACHIDATUL HASANAH
PENERBIT:FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TANGGAL:2018-02-19


Kata Kunci: Media Puzzle Huruf, Kemampuan Identifikasi Huruf, Disleksia


Identifikasi huruf merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh
setiap individu. Kemampuan membaca tidak bisa berkembang apabila tidak bisa
mengenali huruf. Penelitian ini dilakukan pada anak disleksia yang masih belum
bisa membaca. Hal ini terjadi karena anak masih kesulitan dalam mengidentifikasi
huruf. Sesuai dengan permasalahan yang telah dikemukakakn diatas maka,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media puzzle huruf terhadap
kemampuan identifikasi huruf anak disleksia kelas IV SD Negeri Pasar Lama 6
Banjarmasin.
Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen dengan penelitian Single
Subject Research (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain
A-B-A. Subjek dalam penelitian ini merupakan anak disleksia kelas IV SD Negeri
Pasar Lama 6 Banjarmasin yang berinisial MZ. Sistem pencatatan data
menggunakan observasi langsung dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan
identifikasi huruf anak disleksia. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian
ini adalah penggunaan media puzzle huruf memiliki pengaruh meningkatkan
kemampuan identifikasi huruf anak disleksia.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI