DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAMALAN PASOKAN BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN FUNGSI TRANSFER (Studi Kasus: PT. Agrabudi Karyamarga Divisi SPBU 64.706.07)
PENGARANG:ALIFAH ULYA LABIBAH-1086
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-07


 

ABSTRAK

PERAMALAN PASOKAN BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN FUNGSI TRANSFER (Studi Kasus: PT. Agrabudi Karyamarga Divisi SPBU 64.706.07)(Oleh: Alifah Ulya Labibah; Pembimbing: Yuana Sukmawaty, Dewi Sri Susanti, 2021; 40 halaman)

Bahan bakar minyak (BBM) memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Semakin hari kebutuhan akan BBM terus meningkat, dengan kata lain pasokan bahan bahan bakar minyak harus mengimbangi kebutuhan pelanggan. Maka dari itu diperlukan suatu metode yang dapat memprediksi kebutuhan BBM di masa yang akan datang. Metode yang sering digunakan adalah metode peramalan. Dimana peramalan merupakan metode yang dapat meramalkan keadaan di masa yang akan datang menggunakan data-data masa lalu. Salah satu metode untuk meramalkan data dengan lebih dari satu variabel dalam analisis deret waktu yaitu dengan menggunakan pendekatan fungsi transfer. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengestimasi parameter model fungsi transfer dan meramalkan pergerakan BBM khususnya pertalite dengan pendekatan fungsi transfer. Hasil estimasi parameter pada penelitian ini yaitu  dan berdasarkan data yang digunakan yakni selama  periode dimulai dari periode ke – 1 hingga periode ke – 213 maka diperoleh nilai ramalan untuk periode ke –  sebesar .

 

Kata kunci: Peramalan, Deret Waktu, Fungsi Transfer, Bahan Bakar Minyak

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI