DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH TOTAL ASET DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP YIELD TO MATURITY OBLIGASI KORPORASI DENGAN PERINGKAT OBLIGASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2017-2019)
PENGARANG:NOORAIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-07


ABSTRAKSI

Nooraida (2021) Pengaruh Total Aset dan Debt to Equity Ratio terhadap Yield to Maturity Obligasi Korporasi dengan Peringkat Obligasi sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di BEI Periode 2017-2019).

Pembimbing: Dr. Hj. Rahma Yuliani, SE, M. Si, Ak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh total aset dan Debt to Equity Ratio terhadap Yield to Maturity obligasi korporasi dengan peringkat obligasi sebagai variabel intervening. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah total aset dan Debt to Equity Ratio. Variabel intervening yang digunakan dalam penelitian ini adalah peringkat obligasi. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Yield to Maturity obligasi.

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI pada periode 2017-2019. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 13 obligasi perusahaan perbankan berdasarkan kriteria tertentu. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda melalui program SPSS versi 25.

Hasil penelitian mengindikasikan bahwa total aset berpengaruh positif terhadap peringkat obligasi dan Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif terhadap peringkat obligasi. Total aset dan Debt to Equity Ratio tidak berpengaruh terhadap Yield to Maturity dan peringkat obligasi berpengaruh negatif terhadap Yield to Maturity. Peringkat obligasi mampu menjadi variabel intervening antara total aset dan Debt to Equity Ratio terhadap Yield to Maturity.

Kata Kunci: Yield to Maturity, Peringkat Obligasi, Total Aset, Debt to Equity Ratio

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI