DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DI SMP ISLAM SABILAL MUHTADIN DAN SMP KRISTEN KANAAN BANJARMASIN
PENGARANG:RUSNA ZAIDAH
PENERBIT:FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TANGGAL:2018-02-19


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui intensitas pemanfaatan perpustakaan
dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Islam Sabilal
Muhtadin dan SMP Kristen Kanaan Banjarmasin.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan
kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VII dan VIII yang terdiri dari 4 kelas
dan jumlah siswa 112 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi, dan korelasi
sederhana dilanjutkan dengan uji korelasi parsial.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: tingkat pemanfaatan perpustakaan
dalam kategori sangat tinggi untuk indikator jenis dan isi buku yang dijadikan
bahan bacaan oleh siswa (X
4) dengan frekuensi sebanyak 54 siswa atau 48,21%.
Diketahui juga total persentase pemanfaatan perpustakaan dari 112 siswa
sebanyak 42 siswa atau 37,50%. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di
SMP Islam Sabilal Muhtadin dan SMP Kristen Kanaan Banjarmasin Tahun
Pelajaran 2016/2017 dengan nilai rata-rata 39,29 dalam kategori cukup. Dari hasil
uji hipotesis diketahui: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara
pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS
di SMP Islam Sabilal Muhtadin dan SMP Kristen Kanaan Banjarmasin, dengan R
= 0,68 ; p < 0,01. Indikator yang memiliki hubungan paling kuat terhadap prestasi
belajar terdapat pada indikator kegiatan belajar yang dilakukan siswa di
perpustakaan (X
3) dengan ry = 0,59 ; p < 0,01 dan Ryx = 0,28 ; p < 0,01 (2)
terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan
terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Islam Sabilal
Muhtadin Banjarmasin, dengan R = 0,53 ; p < 0,01. Indikator yang memiliki
hubungan paling kuat terhadap prestasi belajar terdapat pada indikator kegiatan
belajar yang dilakukan siswa di perp
ustakaan (X3) dengan ry = 0,45 ; p < 0,01 dan Ryx
= 0,25 ; p < 0,01 (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan
perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Kristen
Kanaan Banjarmasin, dengan dengan R = 0,68 ; p < 0,01. Indikator yang memiliki
hubungan paling kuat terhadap prestasi belajar terdapat pada indikator kegiatan belajar
yang dilakukan siswa di perpustakaan (X
3) dengan ry = 0,62 ; p < 0,01 dan Ryx = 0,34 ; p
< 0,01.


Kata Kunci: Pemanfaatan Perpustakaan, Prestasi Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI