DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Buku Ilmiah Populer Keanekaragaman Jenis Ikan di Perairan Sungai Puting terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa
PENGARANG:IIM MAHAYU BUANA KUSUMA RINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-07


 

RINGKASAN

 

Iim Mahayu Buana Kusuma Rini, 2021. Pengembangan Buku Ilmiah Populer Keanekaragaman Jenis Ikan di Perairan Sungai Puting terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Magister Pendidikan Biologi, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : (I) Prof. Dr. H. Muhammad Zaini, M.Pd dan (II) Prof. Dr. Ir. Danang Biyatmoko, M.Si.

 

 

 

Permasalahan yang dialami oleh beberapa pendidik yaitu kurangnya bahan ajar berbasis potensi lokal. Bahan ajar sendiri merupakan salah satu unsur penting dalam pembelajaran, sehingga pengembangan bahan ajar yang menarik diperlukan untuk membantu dalam proses pembelajaran. Bahan ajar dapat dikembangkan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar atau berbasis lokal, salah satunya berupa buku ilmiah populer. Perairan Sungai Puting Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan berpotensi sebagai sumber belajar, karena pada kawasan tersebut memiliki sumber daya alam yang melimpah salah satunya keanekaragaman jenis ikan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menguji validitas, kepraktisan dan keefektifan buku ilmiah populer dengan judul “Keanekaragaman Jenis Ikan di Perairan Sungai Puting”. Metode penelitian menggunakan evaluasi formatif berdasarkan Tessmer (1998) yang terdiri dari evaluasi diri, pendapat pakar, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Penelitian dilakukan di Perairan Sungai Puting, Kalimantan Selatan. Subjek penelitian untuk uji pakar terdiri dari 3 orang dosen Magister Pendidkan Biologi ULM, uji perorangan terdiri dari 3 orang mahasiswa, uji kelompok kecil sebanyak 3 orang mahasiswa dan uji lapangan sebanyak 10 orang mahasiswa S1 Pendidikan Biologi pengikut mata kuliah ekologi hewan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas buku ilmiah populer ini termasuk kriteria sangat valid berdasarkan hasil validasi ahli dengan rata-rata persentase sebesar 86,5% dan berdasarkan uji perorangan buku ilmiah populer ini mendapatkan kriteria sangat baik dengan persentase rata-rata sebesar 91,67%. Buku ilmiah populer ini dinyatakan praktis digunakan berdasarkan responsmahasiswa dengan persentase sebesar 91,97% dengan kriteria sangat setuju dan keterlaksanaan penggunaan BIPsebesar82,41% dengan kriteria sangat baik. Keefektifan buku ilmiah populer ini sangat baik berdasarkan hasil keterampilan berpikir kritis mahasiswa yang mengalami peningkatan pada keefektifan small group (harapan) dengan nilai rata-rata 80,0% dan pada uji field test (aktual) mendapatkan nilai rata-rata 67,4% meningkat menjadi 85,6%. Berdasarkan data tersebut maka nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,6 yang berada pada kriteria sedang pada field test. Kesimpulan buku ilmiah populer keanekaragaman jenis ikan di Perairan Sungai Puting diperoleh valid, praktis, dan efektif.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI