DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KOORDINASI KANTOR POS TENGGARONG DENGAN DINAS SOSIAL KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA DALAM PENYALURAN BANTUAN SOSIAL TUNAI COVID-19
PENGARANG:NINDIA WAHDANI WIDODO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-07


ABSTRAK

Nindia Wahdani Widodo, 1710411320026, 2021, Koordinasi Kantor Pos Tenggarong dengan Dinas Sosial Kabupaten Kutai Kartanegara Dalam Penyaluran Bantuan Sosial Tunai Covid-19. Dibawah bimbingan Bapak Sugeng Karyadi.

 

Menjalarnya virus Corona di Indonesia telah menyebabkan kepanikan di kalangan masyarakat di Indonesia. Kondisi tersebut direspon oleh pemerintah dengan mengeluarkan Program Non Reguler Bantuan Sosial Tunai. Bantuan sosial tunai bersifat sementara karena adanya situasi bencana. Penerima bantuan ini di data oleh Dinas Sosial dan disalurkan oleh Kantor Pos. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui koordinasi antara Kantor Pos Tenggarong dengan Dinas Sosial Kabupaten Kutai Kartanegara. 2. Mengetahui hambatan dalam koordinasi penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Covid-19 Kecamatan Tenggarong.

Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan data primer dari wawancara dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan empat tahap, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Koordinasi Kantor Pos Tenggarong dengan Dinas Sosial Kabupaten Kutai Kartanegara dalam Penyaluran Bantuan Sosial Tunai Covid-19 dengan memfokuskan pada empat indikator, komunikasi, integrasi. sinkronisasi, dan simplikasi. Koordinasi sudah berjalan cukup baik namun terdapat beberapa hambatan dalam prosesnya. Faktor penghambat koordinasi penyaluran bantuan sosial tunai terdapat pada pendataan penerima bantuan dengan jangka waktu yang singkat dan terkendala di update data penerima, dan penyampaian daftar penerima dan jadwal penyaluran bantuan yang tidak tersampaikan.

Hasil penelitian ini disarankan: 1. Membuat satuan tugas khusus sensus penerima bantuan dan update kondisi penerima bantuan 2. Menyampaikan jadwal penyaluran bantuan melalui media sosial 3. Menginformasikan secara terus menerus kepada penerima bantuan bahwa bantuan sosial tunai tidak memungut biaya apapun 4. Melakukan pertemuan rutin sesama stakeholder pelaksana Bantuan Sosial Tunai.

Kata Kunci: Koordinasi, Bantuan Sosial Tunai Covid-19.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI