DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INTEGRASI ANTARA INFORMATION SYSTEM SUCCESS MODEL DAN E-GOVQUAL PADA ADOPSI WEBSITE COVID-19
PENGARANG:AZIZATIL PUSPITA SUFIAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-07


Pemerintah Kalimantan Selatan memberikan informasi terkait COVID-19 melalui berbagai media salah satunya adalah website Kalsel Tanggap COVID-19. Namun terdapat beberapa masalah yang ditemukan pada website Kalsel Tanggap COVID-19 sehingga perlu dilakukan evaluasi terhadap kualitas website pemerintah tersebut. Terdapat berbagai model yang dapat digunakan dalam evaluasi website diantaranya adalah Information System Success Model dan E-GovQual. Kedua model tersebut diintegrasikan agar menghasilkan model yang dapat mengevaluasi website e-government secara lebih menyeluruh baik dari segi Information Quality, Service Quality, dan System Quality. Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasi dan memvalidasi Information System Success Model dan E-GovQual pada website Kalsel Tanggap COVID-19 dan memberikan rekomendasi perbaikan pada website berdasarkan kritik dan saran dari pengguna. Kuesioner telah dibagikan kepada 400 orang responden pengguna website Kalsel Tanggap COVID-19. Kusioner dibagikan dalam 2 tahap yang kemudian hasil penilaian akan dibandingkan dan dilihat peningkatan kualitasnya. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling) menggunakan aplikasi AMOS 22.0 sedangkan rekomendasi perbaikan dibuat menggunakan aplikasi Adobe XD berdasarkan aturan Eight Golden Rules. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa System Quality berpegaruh positif terhadap User Satisfaction, System Quality juga ditemukan berpengaruh positif terhadap Use, dan variable Use juga berpengaruh positif terhadap Net Benefit. Selain itu tidak ditemukan pengaruh positif antar variabel lainnya. Hasil rekomendasi perbaikan ditemukan peningkatan penilaian responden pada semua variabel model Integrasi Information System Success Model dan E-GovQual yaitu variabel Information Quality naik sebesar 0,62, System Quality 0,56, Service Quality naik sebesar 0,69, Use naik sebesar 1,08, User Satisfaction naik sebesar 0,70, Net Benefit naik sebesar 0,76, dan Efficiency naik sebesar 0,66. Semua nilai variabel semakin mendekati 5 yang artinya sangat bagus dan hal itu membuktikan bahwa prototype rekomendasi perbaikan berdasarkan aturan Eight Golden Rules cukup berhasil meningkatkan kualitas website Kalsel Tanggap COVID-19.

Kata Kunci: website COVID-19, IS (Information System) Success Model DeLone McLean, E-GovQual, SEM, Eight Golden Rules.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI