DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH, IKLIM ORGANISASI, DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA GURU SDN DI KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN
PENGARANG:IRNAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-07


 

ABSTRAK

 

 

 

 

 

Irnawati, 2021. Hubungan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Iklim Organisasi dan Komunikasi Interpersonal dengan Kinerja Guru SDN Kecamatan Bnjarmasin Selatan. Tesis. Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph.D. Pembimbing II: Dr.Suhaimi, S.Pd, M.Pd.

 

 

 

Kata Kunci: Instruksional, Iklim, Komunikasi Interpersonal, Kinerja Guru

 

 

 

Kinerja guru merupakan kemampuan seorang guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran di sekolah dan bertanggung jawab atas peserta didik di bawah bimbingannya dengan meningkatkan prestasi belajar peserta didik.. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan secara langsung dan tidak langsung antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah, iklim organisasi dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru SDN Kecamatan Banjarmasin Selatan.

 

Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasi (correlation research).  Populasi penelitian sebanyak 309 guru dari 59 sekolah dan diambil 174 responden sebagai sampel penelitian dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan intrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan analisis jalur (path analysis).

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai koefisien regresi variabel adalah angka positif seperti Kepemimpinan Intruksional Kepala Sekolah (X1) dengan Kinerja Guru(Y) sebesar 0,301, Kepemimpinan Intruksional Kepala Sekolah (X1) dengan Komunikasi Interpersonal (Z) sebesar 0,145, Iklim Kerja (X2) dengan Kinerja Guru(Y) sebesar 0,176, Iklim Kerja (X2) dengan Komunikasi Interpersonal (Z) sebesar 0,602, Komunikasi Interpersonal (Z) dengan Kinerja Guru(Y) sebesar 0,213, Kepemimpinan Intruksional Kepala Sekolah (X1) melalui Komunikasi Interpersonal (Z) dengan Kinerja Guru(Y) sebesar 0,031 dan Iklim Kerja (X2) melalui Komunikasi Interpersonal (Z) dengan Kinerja Guru (Y) sebesar 0,128.

 

.Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan langsung yang signifikan kepemimpinan instruksionalkepala sekolah, iklim kerjaa dan komunikasi interpersonali dengan kinerja guru. Terdapat hubungan tidak langsung kepemimpinan instruksional melalui komunikasi interpersonal dengan kinerja guru SDN Kecamatan Banjarmasin Selatan. Terdapat hubungan tidak langsung iklim kerja melalui komunikasi interpersonal dengan kinerja guru SDN Kecamatan Banjarmasin Selatan Saran kepada kepala sekolah lebih banyak meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan para guru, mempermudah guru yang dalam meningkatkan promosi jabatan, menciptakan kenyaanan dan ketenangan kondisi kerja, guru dapat memilih sumber belajar/ media pembelajaran dan memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya dan peneliti selanjutnya dapat menganalisis penelitian tentang kinerja guru secara lebih mendalam dengan menggunakan variabel yang lebih banyak lagi.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI