DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, KOMITMEN KERJA, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA GURU SMAN DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:SUSANA PUTRININGSIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-07


 

ABSTRAK

 

 

 

 

 

Putriningsih, Susana, 2021. Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Komitmen dan Motivasi dengan Disiplin Guru SMAN Kota Banjarmasin. Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph.D. Pembimbing II: Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.

 

 

 

Kata Kunci: Transformasional, Komitmen, Motivasi, Disiplin Guru

 

 

 

Disiplin adalah kesadaran dan kesediaan seseorang mentaati semua peraturan perusahaan dan norma-norma sosial yang berlaku. Adapun arti kesadaran adalah sikap seseorang yang secara sukarela menaati semua peraturan dan sadar akan tugas dan tanggung jawabnya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan secara langsung dan tidak langsung antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah, komitmen dan motivasi terhadap disiplin guru SMAN Kota Banjarmasin.

 

Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasi (correlation research).  Populasi penelitian sebanyak 249 guru dari 13 sekolah dan diambil 153 responden sebagai sampel penelitian dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan intrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan analisis jalur (path analysis).

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai koefisien regresi variabel adalah angka positif seperti Kepemimpinan transformasional (X1) dengan disiplin(Y) sebesar 0,338, Kepemimpinan transformasional (X1 (X1) dengan motivasi (Z) sebesar 0,447, komitmen (X2) dengan disiplin Guru(Y) sebesar 0,429 komitmen (X2) dengan motivasi (Z) sebesar 0,475, motivasi (Z) dengan disiplin Guru(Y) sebesar 0,223, Kepemimpinan transformasional (X1 melalui motivasi (Z) dengan disiplin Guru(Y) sebesar 0,099 dan komitmen (X2) melalui motivasi (Z) dengan disiplin Guru (Y) sebesar 0,106.

 

Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan langsung yang signifikan Kepemimpinan transformasional, komitmen dan motivasi dengan disiplin guru. Terdapat hubungan tidak langsung Kepemimpinan transformasional melalui motivasi dengan disiplin guru SMAN Kota Banjarmasin. Terdapat hubungan tidak langsung Komitmen melalui motivasi dengan disiplin guru SMAN Kota Banjarmasin. Saran kepada kepala sekolah lebih banyak meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan para guru, mempermudah guru yang dalam meningkatkan promosi jabatan, menciptakan kenyaanan dan ketenangan kondisi kerja, guru dapat memilih sumber belajar/ media pembelajaran dan memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya dan peneliti selanjutnya dapat menganalisis penelitian tentang kinerja guru secara lebih mendalam dengan menggunakan variabel yang lebih banyak lagi.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI