DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Stridi Tentang Kearainpuan Guru Pendamping Khusus daitun iviciakukan hiodifiirasi Periiaku paiia Anak Berkcbuiuinrr Khusus tii SDN SN Pasar Lama 3
PENGARANG:Muhammad Noor
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-19


Kata Kunci: Kemampuan GPK, Modifikasi Perilaku
Masalah yang terjadi adalatr kemampuan grru pendamping khusus dalam melakukan
modifikasi perilaku pada anak berkebutuhan kliusus di SDN SN Pasm Lama 3.
Penelitia.n im bertrrjuan rrnh-rk mengetahrri te.ntang kemamprran E.rnr pe.nelamping
khusus dalqru melaku-kan modifikasi perilaku pada mak berkebutuhar khrrsus di
SDN SN Pasar Lama 3, Banjannasin, dan guru pendamping khusus sebagai subjek
-^- ^l i+i l,/uL/rruC^.-[.
Data penelitian berupa kemampuan guru pendamping khusus dalarn melakukan
modifikasi periiaku pada anak ircrkebutuhan khusus. Teimik pengumpuian tiata yang
dilakukan adalah dengan wawancara dan observasi. Dapat diketahui bahwa setiap
gwu pendamping khusus menggunakan bentuk modifikasi perilaku yang berbedabeda
dan hal ini disesuaikan dengan perilaku yang ditunjukkan anak berkebutuhan
ktrusuq. Teknik modifikasi yang diberikan bertujuan untuk mengendalikan perilaku
dan merubah perilaku yang tidak adaptif meniadi perilaku adaptif. Sebelum
menerapkan perlakuan pada qnak dengan modifikasi perilaku, biasanya guru terlebih
dahulu akan mempelajari karakteristik anak berkebutuhan lhusus aigar guru
pe-ndamping dapa.t membenkan perla.kua-n yangt-e-pat-. Te.knik modifikasi ya,ng biasa.
diterapkan oleh guru pendarnping adalah reinforcement positif reinforcemerft
negatif, reward dan punishment. Untuk dapat mengendalikan perilaku anak
!.^*1--!,,,+,,!.^- r-L,,-,,- -^-l^--:- - ^^l^I.. *^*L^-:t-^-
-^+:-,^^:
t,vlrlrvutllulr<Lll AlltllllD, ,t-- Errrlr PryUrJ<Lrrll,rrrE, llrCtrt.t l,,lr,ll.luVllrq.ll' lltlrllvalOl l.r(Lii
memberikan contot yang baik serla memberikan pengarahan yang tepat pada anak
berkebutuhan khusus.
Dari penelitian terlihat batrwa hampir seluruh subyek penelitian yaitu guru
pendamping khusus sudah dapat menerapkan teknik modifikasi perilaku dengan
baik, meskipun beberapa subyek tidak berasal dari latm belakang pendidikan yang
berhubungan dengan anak berkebutuhan khusus. Meskipun demikian, subyek
bersedia untuk terus belaiar secara lebih mendalam mengenai pendekatan yang tepat
dalam menangani anak berkebutuhan k*rusus terutama teknik modifikasi perilaku.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI