DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Program Kampung Iklim Dalam Adaptasi Perubahan Iklim di Kelurahan Sungai Miai Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin
PENGARANG:CHAMIDATUL KUMAIROH MOCHTAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-08


Chamidatul Kumairoh Mochtar, 1710411620006, 2021, Implementasi Program Kampung Iklim Dalam Adaptasi Perubahan Iklim Di Kelurahan Sungai Miai Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin, Di Bawah Bimbingan Aulia.

Dalam menghadapi perubahan iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan meluncurkan Program Kampung Iklim (ProKlim) sebagai gerakan nasional pengendalian perubahan iklim berbasis komunitas pada tanggal 1 Desember 2016. Kelurahan Sungai Miai ikut melaksanakan aksi hijau dengan menerapkan Program Kampung Iklim sejak tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi Program Kampung Iklim Dalam Adaptasi Perubahan Iklim di Kelurahan Sungai Miai Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin; dan 2) Faktor-faktor penghambat Implementasi Program Kampung Iklim Dalam Adaptasi Perubahan Iklim di Kelurahan Sungai Miai Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin.

Teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori Implementasi Program dari Charles O. Jones yang melihat keberhasilan implementasi suatu program dari 3 aspek yaitu: pengorganisasian, interpretasi dan aplikasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data, meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Program Kampung Iklim dalam Adaptasi Perubahan Iklim di Kelurahan Sungai Miai Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin sudah berjalan dengan baik namun belum optimal. Masih ada beberapa kendala yang menghambat proses implementasi Program Kampung Iklim tersebut. Akan tetapi, hal itu bukanlah hal yang fatal sehingga tidak sampai menyebabkan gagalnya Implementasi Program Kampung Iklim di Kelurahan Sungai Miai. Kendala-kendala tersebut diantaranya yaitu: kurangnya dukungan CSR; kurangnya sumber daya; kurangnya kesadaran masyarakat (habit atau kebiasaan masyarakat yang susah diubah), dan birokrasi (belum ada SOP kegiatan Program Kampung Iklim; komunikasi antar pembina dan pengawas belum terintegrasi; dan pelaporan kegiatan yang belum terdokumentasi dengan baik).

Saran-saran untuk penelitian ini, yaitu: 1) Perlu adanya kerjasama antar pemerintah dengan pihak swasta; 2) Penyebarluasan informasi dan edukasi mengenai Program Kampung Iklim di Kelurahan Sungai Miai; 3) Peningkatan kesadaran masyarakat dan pemberdayaan; 4) Perlu adanya peningkatan sumberdaya; 5) Sebaiknya Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin membuat SOP untuk Program Kampung Iklim.

Kata Kunci :  Implementasi Program Kampung Iklim, Adaptasi Perubahan Iklim, Masyarakat Kelurahan Sungai Miai

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI