DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN BIOBRIKET DARI CAMPURAN BOTTOM ASH DENGAN ARANG TEMPURUNG KELAPA DAN SERBUK KAYU DITINJAU DARI PARAMETER KUALITAS
PENGARANG:Anggraini Wahyu Saputri
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-08


Pemenuhan kebutuhan bahan bakar sehari-hari dalam masyarakat yang perlu penanganan khusus. Potensi bottom ash yang banyak dibiarkan setelah digunakan, bahkan dengan banyaknya produksi arang tempurung kelapa dan serbuk kayu yang dapat diberi inovasi menjadi bahan pembuatan briket yang pengaruh baik bagi lingkungan.

Kegiatan ini melakukan pembuatan sampel dengan komposisi variasi bottom ash, arang tempurung kelapa, serbuk kayu, perekat, kapur. Kemudian dilakukan uji analisis proximate, uji calorific value dan uji pembakaran pada ukuran partikel 60 mesh dan 80 mesh.

            Dengan variasi komposisi pada 40% bottom ash, 20% arang tempurun kelapa, 20% serbuk kayu, 15% perekat dan 5% kapur menghasilkan kualitas briket yang baik serta pada uji pembakaran dengan durasi pembakaran yang terlama. Dianalisis dengan cenderung rendahnya nilai kadar abu, kadar air dan zat terbang menunjukkan kualitas nilai kalor yang semakin tinggi. Dengan pengaruh dari nilai fixed carbon terhadap uji pembakaran menunjukkan bahwa nilai karbon tertambat yang semakin tinggi maka durasi dari pembakaran briket lebih tahan lama.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI