DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PROGRAM INSTALASI PENGELOLAAN AIR LIMBAH (IPAL) OLEH PERUSAHAAN DAERAH PENGELOLA AIR LIMBAH (PD PAL) DI KELURAHAN ALALAK UTARA KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:Afridhani Fansyah
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-19


Dalam Perda Kota Banjarmasin No. 5 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Air
Limbah Domestik, bahwa setiap orang atau badan yang terjangkau sistem pengolahan
air limbah terpusat dan tidak mampu mengelola limbahnya sendiri maka wajib
menyalurkan air limbahnya pada PD PAL, namun kenyataannya masih banyak
masyarakat di kelurahan ini yang tidak mau untuk menggunakan IPAL, padahal
PAMSIMAS telah menargetkan 100% akses sanitasi yang layak pada akhir tahun
2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan
Program Instalasi Pengelolaan Air Limbah Oleh PD PAL di Kelurahan Alalak Utara
Kecamatan Banjarmasin Utara dengan pendekatan Evaluasi Kecocokan, Evaluasi
Efektifitas dan Evaluasi Efesiensi serta faktor-faktor yang menghambat implementasi
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif
kualitatif. Penentuan informan dengan cara purposive. Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan cara reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan/verifikasi data.
Hasil penelitian yang dilakukan belum maksimalnya IPAL HKSN
dikarenakan dari tiga sudut pandang Pengukuran Evaluasi yang dilakukan, ada dua
sudut pandang yang bermasalah : (1). Efektifitas, secara umum efektifitas sudah
berjalan, hanya saja masih sangat lamban , (2). Efesiansi, dari data perusahaan
didapati bahwa masih terjadinya kerugian perusahaan dari pendapatan layanan
pelanggan karena tidak maksimalnya jumlah pelanggan dan disisi lain masyarakat
pelanggan sudah merasa efisien namun tidak sedikit yang masih belum merasa
efisien. Faktor-faktor penghambat implementasi kebijakan IPAL di Kelurahan Alalak
Utara (1) Tarif IPAL;(2) Teknik pemasangan dan SDM karyawan PD PAL; (3)
Mindset atau pola fikir masyarakat.
Saran terhadap pihak PD PAL sosialisasi perlu lebih ditingkatkan lagi
terutama sosialisasi secara langsung, diperlukan adanya pelatihan-pelatihan kepada
karyawan PD PAL, diperlukan adanya pengecekan secara berkala kepada pelanggan
IPAL. Saran terhadap masyarakat yang sudah dan belum menggunakan IPAL agar
sesuatunya dapat mendukung dan aktif dalam menggunakan fasiitas program IPAL.
KATA KUNCI: Program, Evaluasi Program, IPAL

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI