DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPEMIMPINAN PENGAJARAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA KERJA, DAN KEPUASAN GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SDN KECAMATAN BANJARMASIN TIMUR
PENGARANG:MASNIAH ANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-09


ABSTRAK

 

 

Ani, Masniah, 2021. Hubungan Kepemimpinan Pengajaran Kepala Sekolah, Budaya Kerja dan Kepuasan Guru dengan Kinerja Guru SDN Kecamatan Banjarmasin Timur. Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph.D. Pembimbing II: Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci: Pengajaran, Budaya, Kepuasan, Kinerja Guru

 

Kinerja guru sebagai pengajar dapat dilihat dari kemampuan atau kompetensinya melaksanakan tugas tersebut. Kemampuan yang berhubungan dengan tugas guru sebagai pengajar dapat diguguskan ke dalam empat kemampuan, yakni merencanakan proses belajar mengajar, melaksanakan dan mengolah proses belajar mengajar, menilai kemajuan proses belajar mengajar, menguasai bahan pelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan secara langsung dan tidak langsung antara kepemimpinan pengajaran, budaya kerja dan kepuasan guru terhadap Kinerja guru SDN Kecamatan Banjarmasin Timur.

Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan teknik korelasi (correlation research).  Populasi penelitian sebanyak 340 guru dari 40 sekolah dan diambil 184 responden sebagai sampel penelitian dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan intrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan analisis jalur (path analysis).

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai koefisien regresi variabel adalah angka positif seperti Kepemimpinan pembelajaran (X1) dengan kinerja (Y) sebesar 0,167, Kepemimpinan pembelajaran (X1) dengan kepuasan (Z) sebesar 0,361, budaya (X2) dengan kinerja Guru(Y) sebesar 0,266, budaya (X2) dengan kepuasan (Z) sebesar 0,330, kepuasan (Z) dengan kinerja Guru (Y) sebesar 0,486, Kepemimpinan pengajaran (X1 melalui kepuasan (Z) dengan kinerja Guru (Y) sebesar 0,175 dan budayan (X2) melalui kepuasan (Z) dengan kinerja Guru (Y) sebesar 0,160.

.Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan langsung yang signifikan Kepemimpinan pengajaran, budaya dan kepuasan dengan kinerja guru. Terdapat hubungan tidak langsung Kepemimpinan pengajaran melalui kepuasan dengan kinerja guru SDN Kecamatan Banjarmasin Timur. Terdapat hubungan tidak langsung budaya kerja melalui kepuasan dengan kinerja guru SDN Kecamatan Banjarmasin Timur. Saran kepada kepala sekolah lebih banyak meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan para guru, mempermudah guru yang dalam meningkatkan promosi jabatan, menciptakan kenyaanan dan ketenangan kondisi kerja, guru dapat memilih sumber belajar/ media pembelajaran dan memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya dan peneliti selanjutnya dapat menganalisis penelitian tentang kinerja guru secara lebih mendalam dengan menggunakan variabel yang lebih banyak lagi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI