DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SINTESIS ADSORBEN BERBAHAN DASAR HASIL AKTIVASI BULU ITIK MENGGUNAKAN PELARUT NaOH DAN UJI APLIKASINYA UNTUK ADSORPSI ION BESI(III)
PENGARANG:ELISA SUPRAPTINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-09


SINTESIS ADSORBEN BERBAHAN DASAR AKTIVASI BULU ITIK MENGGUNAKAN PELARUT NaOH DAN UJI APLIKASINYA UNTUK ADSORPSI ION BESI(III) (Oleh: Elisa Supraptini; Pembimbing: (Oleh: Elisa Supraptini; Pembimbing: Dr.Uripto Trisno Santoso, S.Si., M. Si ; 2021 ; 46 halaman)

Telah dilakukan penelitian tentang sintesis adsorben berbahan dasar aktivasi bulu itik menggunakan pelarut NaOH dan tes aplikasinya untuk adsorpsi ion besi(III). Penelitian diawali dengan pembuatan adsorben bulu itik menggunakan NaOH dengan konsentrasi 1,5% (b/v). Optimasi pH dan waktu kontak kemudian diukur menggunakan AAS untuk mengetahui persen hasil yang terserap oleh adsorben. Penentuan pH optimum dilakukan pada variasi pH 2, 3, 4, 5, 6, 7, dan 8. Penentuan waktu kontak optimum dilakukan dengan variasi waktu kontak 40, 60, 80, 100, 120, 140, dan 160 menit. Kondisi optimum adsorpsi besi(III) terjadi pada pH 8 dengan persen besi(III) teradsorpsi sebesar 95.16 mg/l dan waktu kontak optimum tidak diperoleh karena tidak menggunakan pH optimum sehingga hasil yang didapatkan tidak optimal.

Kata kunci: adsorben bulu itik, adsorpsi, besi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI