DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2019
PENGARANG:VERANIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-09


   ABSTRAKSI

Veranika (2021) Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, dan Corporate Social Responsibility terhadap Agresivitas Pajak pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019.

Pembimbing: Dra. Sustinah Limarjani, SH, MM, Ak, CA

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, dan Corporate Social Responsibility terhadap Agresivitas Pajak. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah leverage, ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial, dan corporate social responsibility. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak yang diukur menggunakan effective tax rates (ETR).

            Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017-2019. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 25 perusahaan manufaktur berdasarkan kriteria tertentu.  Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda melalui program SPSS versi 21.

            Hasil penelitian mengindikasikan bahwa leverage tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak, ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak, kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak, dan corporate social responsibility tidak  berpengaruh terhadap agresivitas pajak.

Kata Kunci: Agresivitas Pajak, Leverage, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, Corporate Social Responsibility.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI