DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS X SMAN 6 BANJARMASIN
PENGARANG:BUNGA SARI
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-19


Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Kedisiplinan
Sebelum diimplementasikan Pendidikan karakter siswa sering melanggar tata tertib. Disiplin adalah kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu sistem yang mengharuskan orang untuk tunduk pada keputusan, perintah, dan peraturan yang berlaku. Implementasi nilai pendidikan karakter jelas menunjang dan mendukung disiplin siswa. Nilai karakter bangsa yang ada 18 nilai, dalam implementasi ini di fokuskan 10 nilai karakter.
Tujuannya 1). Untuk mengetahui implemetasi pendidikan karakter, 2). untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa kelas X SMA Negeri 6 Banjarmasin, 3) untuk mengetahui bagaimana peranan guru dalam pengimplementasian pendidikan karakter terhadap kedisiplinan di SMA Negeri 6 Banjarmasin, dan 4). Untuk mengetahui pengaruh implementasi pendidikan karakter terhadap kedisiplinan di SMA Negeri 6 Banjarmasin.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri Banjarmasin yang berjumlah 221 orang. Jumlah sampel yang ditarik adalah 142 orang dengan teknik simple random sampling. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner atau angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment untuk mengetahui seberapa kuat hubungan antara nilai-nilai pendidikan karakter dan kedisiplinan.
Hasil penelitian menunjukkan setelah adanya implementasi pendidikan karakter siswa lebih tertib dan menumbuhkan penanamkan nilai karakter dalam diri. Nilai-nilai pendidikan karakter siswa kelas X di SMA Negeri 6 Banjarmasin tahun ajaran 2016/2017 sebesar 78,92% dengan kategori tinggi sedangkan kedisiplinan belajar siswa kelas X di SMA Negeri 6 Banjarmasin tahun ajaran 2016/2017 sebesar 77,25% dengan kategori tinggi. Guru berperan mengarahkan anak didiknya untuk berperilaku dengan baik dan disiplin di sekolah. Dari hasil analisis statistik menunjukkan terdapat hubungan yang sangat kuat antara nilai-nilai pendidikan karakter dengan kedisiplinan belajar siswa di kelas X SMA Negeri 6 Banjarmasin dengan nilai koefisien korelasi product moment sebesar 0,804 dimana rhitung > r tabel 0,1386 artinya terdapat pengaruh signifikan nilai-nilai pendidikan karakter (X) terhadap kedisiplinan (Y) belajar siswa kelas X di SMA Negeri 6 Banjarmasin sebesar 80,4%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI