DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Efisiensi Produktivitas Waktu Kerja Alat Berat Pada Proyek Peningkatan Jalan Lingkungan Banjarmasin Barat
PENGARANG:IVANA PETRINA SITUMORANG
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-10


Alat berat memegang peranan penting pada proyek konstruksi, tanpa alat berat kecepatan pembangunan tentu tidak akan secepat yang kita harapkan. Faktor yang mempengaruhi pekerjaan alat berat diantaranya biaya yang dikeluarkan, waktu yang dibutuhkan dan kapasitas produksi alat berat yang dihasilkan.

Pada Proyek Peningkatan Jalan Lingkungan Banjarmasin Barat alat berat yang digunakan yaitu : dump truck, wheel loader, motor grader, vibrator roller, asphalt distributor, tandem roller, pneumatic tyred roller, asphalt finisher, water tank truck, dan asphalt mixing plant(amp). Perhitungan produktivitas dan waktu kerja alat berat sangat dibutuhkan pada proyek tersebut maka dari itu penelitian ini diharapkan dapat digunakan agar perencanaan waktu pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan secara efisien.

Hasil analisa perhitungan produktivitas alat pada pekerjaan lapis pondasi agregat kelas A yaitu: wheel loader 45,00 , dump truck 3,6, motor grader 144,00 , tandem roller 90,00 , dan water tank truck 68,57 , didapatkan produktivitas alat terkecil kedua pada team kerja yaitu wheel loader 45,00 . Pada pekerjaan lapis resap pengikat yaitu : asphalt distributor 4800 liter. Dan pada pekerjaan lataston lapis pondasi (HRS-Base) yaitu : wheel loader 100,70 ton/jam, dump truck 7,82 ton/jam, asphalt mixing plant (amp)80 ton/jam, asphalt finisher 44,95 ton/jam, tandem roller 69,93 ton/jam, dan pneumathic tire roller81,70 ton/jam, didapatkan produktivitas alat terkecil kedua pada team kerja yaitu wheel loader 45,00 . Dengan total waktu pelaksanaan yaitu 816 jam atau sama dengan 102 hari.

 

Kata kunci:alat berat, produktivitas, waktu, efisien.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI