DIGITAL LIBRARY



JUDUL:POLA PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PADA PEMILUKADA DI KOTA BUNTOK KABUPATEN BARITO SELATAN PADA TAHUN 2017
PENGARANG:ADE DARMA SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-10


ABSTRAK

Ade Darma Saputra, D1B114053. 2019. “POLA PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PADA PEMILUKADA DI KOTA BUNTOK KABUPATEN BARITOSELATAN PADA TAHUN 2017”, di bawah bimbingan Pembimbing 1. Apriansyah, Pembimbing 2. Andi Tenri Sompa.

Skripsi ini membahas tentang Pola Partisipasi Politik Masyarakat pada Pemilukada di Kota Buntok Kabupaten Barito Selatan Pada Tahun 2017. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui pola partisipasi politik masyarakat dalam pemilukada 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini deskriptif. Dengan pendekatan ini peneliti berharap dapat menjelaskan pola partisipasi politik masyarakat di kota buntok kabupaten barito selatan.

 Hasil penelitian yang telah di lakukan di Kota Buntok Kabupaten Barito Selatan mengenai pola partisipasi politik masyarakat pada Pilkada pada tahun 2014 menunjukan bahwa, pola partisipasi politiknya terbilang bagus, salah satu pola partisipasi politik masyarakat yaitu pemberian suara. Pemberian suara adalah salah satu bentuk partisipasi politik masyarakat, masyarakat yang mempunyai hak pilih sangat antusias yakni di atas 60% dari DPT dan pemilih di Kota Buntok yang terdaftar dalam DPT untuk menggunakan hak pilihnya. Artinya kerja keras KPU untuk menaikkan pemilih pada tahun 2017 dibilang sukses.

Dalam pelaksanaan pemlukada yang akan datang nanti diharapkan masyarakat dapat memberikan partisipasi politik secara positif lagi karena keberhasilan pemilukada tidak hanya semata mata tergantung pada usaha pemerintah saja tetapi harus adanya dukungan partisipasi dari seluruh masyarakat terutama dalam memberikan suara.

Kata Kunci: Partisipasi Politik, Pemilukada, Masyarakat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI