DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Media Kakapit Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Ringan Kelas 2 Di SLBN Marabahan
PENGARANG:Ulfa Fitria Husna
PENERBIT:FKIP
TANGGAL:2018-02-19


Kata Kunci: Media Kakapit Huruf, Kemampuan Membaca Permulaan, Anak Tunagrahita Ringan.

 

Penelitian ini dilakukan terhadap anak tunagrahita ringan yang masih belum bisa membaca dua suku kata atau sulit menerima pembelajaran tentang membaca gabungan huruf yang sudah menjadi suku kata dan kata. Sesuai dengan permasalahan yang telah dikemukakan diatas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemulaan anak tunagrahita ringan kelas 2 di SLBN Marabahan dalam menggunakan media kakapit huruf.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiman dengan desain penelitian time series design yang terdiri dari pemberian tes awal (pretest) yaitu pemberian tes sebelum diberikan perlakuan, pemberian perlakuan yakni menggunakan media kakapit huruf, pemberian terakhir (posttest) yaitu pemberian tes setelah diberikannya perlakuan. Yang menjadi subjek penelitiana dalah seorang anak tunagrahita ringan kelas 2 di SLBN Marabahan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data, menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes awal (pretest) 30, dilakukan treatment 3 (tiga) hari. Hasil tes akhir (posttest) yaitu 80.

Media kakapit huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan kelas 2 di SLBN Marabahan. Diharapkan media kakapit huruf ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi pemilihan media pembelajaran dalam hal membaca permulaan khususnya untuk anak tunagrahita ringan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI