DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TATA KELOLA PELAKSANAAN DANA DESA DALAM PEMBANGUNAN DESA TANJUNG NYIUR KECAMATAN PULAU SEMBILAN KABUPATEN KOTABARU
PENGARANG:NURMALA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-11


 

ABSTRAK

 

 

 

Nurmala sari D1B115436, 2020. ‘’Tata Kelola Pelaksanaan Dana Desadalam Pembangunan Desa Tanjung Nyiur Kecamatan Pulau Sembilan KabupatenKotabaru’’.Pembimbing(I) Abdurrahman,Pembimbing(II)GazaliRahman.

 

Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan danadesadalampembangunandesaTanjungNyiurKecamatanPulauSembilanKabupaten Kotabaru Apakah dana desa mampu meningkatkan pembangunan danpemberdayaanmasyarakat desaTanjungNyiur.

 

Penelitianmenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifdenganmenggunakanteknikpengumpulandatamelaluiobservasi,dokumentasi,danwawancara kepada setiap informan yang dianggap berpotensi bisa memberikanketerangan mengenai Pengelolaan Dana Desa Dalam Pelaksanaan PembangunanDesa TanjungNyiurKecamatanPulauSembilanKabupaten Kotabaru.

 

HasilpenelitianbahwaTransparansianggarandidesaTanjungNyiursesuaidengan prosedur, hal ini terlihat dari papan informasi berupa ptint aut spandukbesertaketeranganberbagaikegiatanpembangunanyangsudahterealisasi.NamunAkuntabilitasipertanggungjawabansealaluterkendaladantidaktepatwaktulantaranterjadinya gelombang yang tinggi setiap tahunnya. Kemudian partisipasimasyarakat dalam perencanaan dan pengambilan keputusan masi kurang lantaranpemerintah desa kurang mengajak dan menyampaikan kepada masyarakat untukikut andil disetiap pelaksanaan kegiatan. Desa Tanjung Nyiur secara Ekonomisudah mulai maju hal ini dapat dilihat pembangunan jalan aspal/cor untuk desasebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Dalam hal Sosial,kesejahteraanmasyarakatsejakadanyadanadesaterlihatjelasupayayangdilakukanpemerintahdesabagimasyarakatyangtidakmemilikilampulistrikuntuksegera disediakan agar kesejahtraan dapat merata. Kemudian Demografis ataupotensidesaTanjungNyiurdibidangperkebunandanperikananterusdikembangkan. Kemudian dalam hal Politis, masyarakat Tanjung Nyiur sudahlumayan baik partisipasinya dalam merawat dan menjaga fasilitas umum. Untukmeningkatkanpartisipasimasyarakatpadasetiapkegiatan,seharusnyapemerintahdesa harus melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat sehinggamasyarakatmengertitentangapatujuandaridanatersebut,karenapemerintahdesayangbaikadalahpemerintahyangselalumengikutsertakanmasyarakatpadasetiappengambilankeputusan dan pelaksanaannya.

 

 

 

KataKunci:PelaksanaanDanaDesa,PembangunanDesa

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI