DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DETERMINASI PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR MELALUI SMARTPHONE TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA DI LINGKUNGAN FKIP ULM
PENGARANG:ADHIYATI
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-19


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan sumber belajar melalui smartphone; untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa; untuk mengetahui determinasi pemanfaatan sumber belajar melalui smartphone terhadap hasil belajar mahasiswa di lingkungan FKIP ULM.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 126 mahasiswa yang terdiri dari 6 mahasiswa dari 21 program studi di lingkungan FKIP ULM angkatan tahun 2014 dan 2016.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan pemanfaatan sumber belajar melalui smartphone dengan hasil belajar mahasiswa yaitu R = 0,288 dan R2 = 0,083 atau 8,30%, nilai Fhitung sebesar 2,165 < Ftabel 3,17 dengan p > 0,05, artinya ada hubungan tetapi sangat sedikit dan tidak signifikan yaitu hanya sebesar 8,30%. Rendahnya hubungan pemanfaatan sumber belajar melalui smartphone dengan hasil belajar mahasiswa tersebut bisa saja disebabkan oleh faktor-faktor seperti, sumber belajar yang tidak dapat digunakan melalui smartphone atau smarphone lebih digunakan untuk hiburan.
Kata kunci: Pemanfaatan Sumber Belajar, Smartphone, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI