DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KURIKULUM 2013 TERINTGRASI KAJIAN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR (STUDI MULTISITUS DI SDN PASAR LAMA 1 BANJARMASIN DAN SDN KURIPAN 2 BANJARMASIN)
PENGARANG:MUHAMMAD INSANUL KAMIL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-12


 

ABSTRAK

 

 

 

Muhammad Insanul Kamil. 2021. Kurikulum 2013 Terintegrasi Kajian Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar (Studi Multi Situs SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin dan  SDN Kuripan 2 Banjarmasin). Pembimbing I: Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M. Pd. Pembimbing II: Dr. H. Karyono Ibnu Ahmad.

 

 

 

Kata kunci: Kurikulum 2013, Pendidikan Karakter

 

 

 

SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin dan SDN Kuripan 2 Banjarmasin merupakan dua sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 terintegrasi penguatan pendidikan karakter dan menjadi sekolah rujukan. Kedua sekolah tersebut merupakan sekolah dasar berprestasi di kota Banjarmasin baik prestasi akademik dan prestasi nonakademik dan mengembangkan pendidikan karakter untuk mencapai visi dan misi sekolah. SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin menjadi sekolah percontohan penguatan pendidikan karakter di kota Banjarmasin karena sekolah tersebut memenuhi kriteria pelaksanaan penguatan pendidikan karakter dan memiliki nilai akreditasi A. SDN Kuripan 2 Banjarmasin merupakan sekolah unggulan di kota Banjarmasin yang juga didukung dan memenuhi kriteria pelaksanaan penguataan pendidikan karakter baik dari guru dan sarana dan prasarana di sekolah tersebut.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1 Kurikulum 2013 terintegrasi kajian Penguatan Pendidikan Karakter di SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin dan  SDN Kuripan 2 Banjarmasin 2) Hambatan/ kendala Kurikulum 2013 terintegrasi kajian Penguatan Pendidikan Karakter di SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin dan  SDN Kuripan 2 Banjarmasin 3) Solusi dalam Kurikulum 2013 terintegrasi kajian Penguatan Pendidikan Karakter di SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin dan  SDN Kuripan 2 Banjarmasin.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi multi situs, pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan teknik dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan tehnik purposif artinya informan yang dipilih adalah orang-orang yang berkompeten atau berkaitan, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan fokus penelitian. Data teknik yang terkumpul melalui metode tersebut, diperiksa dan dilakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi, member check, dan teknik pembahasan teman sejawat melalui diskusi.

 

Hasil penelitian ditemukan bahwa kurikulum 2013 terintegrasi kajian penguatan pendidikan karakter di kedua sekolah SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin dan SDN Kuripan 2 Banjarmasin sudah berjalan dengan baik meliputi struktur program, struktur kurikulum dan struktur kegiatan. Penguatan pendidikan karakter kedua sekolah mempertimbangkan dan memilih nilaik karakter yang sesuai dengan potensi siswa di sekolah. Nilai pendidikan karakter yang secara umum dilaksanakan yaitu nilai religius, nilai gotong-royong, nilai mandiri, dan nilai integratis tergantung sekolah menentukan nilai yang bisa diterapkan di sekolah. Faktor penghambat dalam implementasi kurikulum 2013 terintegrasi penguatan pendidikan karakter bersumber dari berbagai hal yaitu pemerintah, guru, siswa, dan sarana prasarana. Untuk mengatasi faktor tersebut dengan memberikan solusi kebijakan Kepala Sekolah, peran Wakil Kepala Sekolah, dan peran guru.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI