DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN SIKAP PROFESIONAL GURU, MOTIVASI KERJA, DISIPLIN KERJA DAN KINERJA GURU SMK NEGERI DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:NOVIE BAMBANG RUMADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-12


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Sikap profesional guru, motivasi kerja, disiplin kerja dan kinerja guru; (2) Hubungan motivasi kerja dan kinerja guru; (3) Hubungan disiplin kerja dan kinerja guru; (4) Hubungan sikap profesional dan kinerja guru; (5) Hubungan motivasi kerja dan sikap professional guru; (6); Hubungan disiplin kerja dan sikap profesional guru; (7) Hubungan motivasi kerja dan kinerja guru melalui sikap profesional guru; dan (8) Hubungan disiplin kerja dan kinerja guru melalui sikap profesional guru. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif dan teknik korelasional untuk menguji hubungan antara variabel. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 173 orang guru. Instrumen pengumpulan data yaitu angket yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis dengan uji normalitas, uji linieritas dan uji autokorelasi. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis).  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sikap professional guru, motivasi kerja dan disiplin kerja berada dalam kategori tinggi, dan kinerja dalam kategori amat baik; (2) Ada hubungan langsung motivasi kerja dan sikap professional guru sebesar 0,851; (3) Ada hubungan langsung disiplin kerja dan sikap profesional guru sebesar 0,879; (4) Ada hubungan langsung motivasi kerja dan kinerja guru 0,3499; (5) Ada hubungan langsung disiplin kerja dan kinerja guru sebesar 0,222; (6) Ada hubungan langsung sikap professional guru dan kinerja guru sebesar 0,338; (7) Ada hubungan tidak langsung antara motivasi kerja dan kinerja guru melalui sikap professional guru sebesar 0,2876; (8) Ada hubungan tidak langsung antara disiplin kerja dan kinerja guru melalui sikap professional guru sebesar 0,2971. 

Saran dalam penelitian ini, guru dapat menunjukkan sikap professional dengan sikap dan perundangan-undangan dan menerapkan dalam tugas dan kewajiban. Guru diharapkan meningkatkan motivasi kerja terutama pada minat dalam tugas, meningkatkan disiplin kerja terutama dalam menyelesaikan tugas agar tepat waktu.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI