DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ESTIMASI SUMBERDAYA BATUBARA DENGAN METODE ELEMEN HINGGA DAN CROSS SECTION DI PT BERKAT BARA PERSADA JOBSITE CV BASTHOMY, KECAMATAN MATARAMAN, KABUPATEN BANJAR, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:ARIFUDDIN NUR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-07-12


ABSTRAK

ESTIMASI SUMBERDAYA BATUBARA DENGAN METODE  ELEMEN HINGGA DAN CROSS SECTION DI PT BERKAT BARA PERSADA JOBSITE CV BASTHOMY, KECAMATAN MATARAMAN, KABUPATEN BANJAR, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

 

Oleh :

Arifuddin Nur

Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat

Email : arifnur23.n@gmail.com

 

 

Eksplorasi pendahuluan PT Berkat Bara Persada pada area IUP CV Basthomy dilakukan kegiatan pemetaan geologi singkapan dan pemetaan topografi. Dari hasil eksplorasi awal diperoleh data data seperti singkapan dan area penambangan pada sisi timur laut lokasi penelitian yang diindikasih masih terdapat kemenerusan sebaran batubara pada lokasi penelitian. Berdasarkan dari data tersebut sehingga menjadi dasar untuk melakukan eksplorasi detail. Pada pelaksanaan eksplorasi detail dilakukan kegiatan pemboran yang bertujuan untuk mengetahui bentuk endapan barubara, geometri endapan batubara, ketebalan batubara serta data parameter kualitas batubara yang dapat diketahui dengan uji laboratorium.

            Estimasi sumberdaya merupakan proses kuantifikasi (menghitung) Volume dan tonase suatu endapan bahan galian.Estimasi sumberdaya batubara dilakukan dengan menggunakan software minescape 5.7 dengan menggunakan 2 metode yaitu metode Elemen Hingga dan Cross Section. Metode Elemen Hinnga dilakukan dengan membagi suatu elemen menjadi beberpa elemen untuk mendapatkan hasil perhitungan yang lebih akurat. Sedangkan metode Cross Section dilakukan dengan cara membuat sayatan-sayatan pada area sebaran batubara.

            Dari hasil pengolahan data yang diperoleh pada PT Berkat Bara Persada Jobsite CV Basthomy diketahui strike N 190° E – N 221° E dengan kemiringan dip berkisar antara 22° – 25° serta terdapat 6 seam dan 1 seam percabangan.

Hasil estimasi sumberdaya batubara dengan menggunakan metode Elemen Hingga didapatkan sumberdaya Tereka 4.716.481 ton, Tertunjuk 4.175.097 ton dan Terukur 3.702.799ton, sedangkan dengan menggunakan cross section diperoleh total sumberdayaTereka 4.878.865, Tertunjuk 4.165.698 dan Terukur3.592.999ton.Perbedaan relatif hasilsumberdaya metode elemen hingga dan cross section adalah tereka163.384 ton secara relatif sebesar 3,38%, tertunjuk 9.399 ton secara relatif sebesar 0,23%, terukur109.800 ton secara relatif sebesar 3,01%. Nilai perbedaan relatif dari kedua metode yang digunakan menghasilkan nilai estimasi volume yang tidak jauh berbeda.

 

 

Kata Kunci : Eksplorasi, Estimasi Sumberdaya, Metode Elemen Hingga, Metode Cross Section, Perbedaan Relatif

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI